Vitamin E sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Terkhusus pada dunia kecantikan, sering dijumpai fakta bahwa vitamin E bagus untuk kesehatan kulit wajah. Beberapa penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa vitamin E baik untuk kesehatan tubuh karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan degenerasi makula atau penyakit mata akibat penuaan. Sedangkan manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah, vitamin E memiliki banyak sekali manfaat. 

Mengenal Vitamin E

Vitamin merupakan salah satu dari senyawa organik yang sangat bermanfaat bagi tubuh, jika dikonsumsi dalam skala dan pemakaian yang tepat. Kebanyakan dari vitamin tersebut biasanya berasal dari makanan yang dikonsumsi dan tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin ini dapat larut dalam lemak. Hal ini merupakan salah satu sifat unik dari vitamin E. Sifat ini kemudian sangat menguntungkan terutama dalam dunia kecantikan dan kesehatan kulit untuk menangkal radikal bebas.

Sumber Vitamin E

Vitamin E tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Vitamin ini biasanya ditemukan pada beberapa makanan yang sering dikonsumsi. Sebut saja seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, gandum hingga jagung. Vitamin E juga bisa didapatkan dari beberapa produk minyak nabati seperti pada minyak bunga matahari, minyak biji gandum, minyak kenari dan minyak kedelai serta minyak kelapa. 

Mengutip dari journal penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine (NLM) Amerika Serikat, sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, daun lobak, dan brokoli juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Selain pada biji-bijian, pada beberapa jenis buah-buahan juga dapat ditemukan vitamin E di dalamnya. Beberapa buah seperti  buah alpukat, mangga, kiwi serta buah-buahan berry (strawberry, rasbery, blackberry, cranberries, dan lainnya) mengandung vitamin E. Penelitian juga mengatakan vitamin E terdapat pada produk hewani atau produk yang dihasilkan oleh hewan seperti contohnya daging dan susu. 

Penggunan vitamin E

Vitamin E, selain dapat kita pergunakan dengan cara mengonsumsinya langsung, juga baik digunakan sebagai obat oles atau secara topikal. Penggunaan vitamin E secara topikal ini dapat kita temukan implementasinya pada beberapa kandungan dari produk skincare, baik dalam bentuk krim, minyak, maupun dalam bentuk yang lebih cair.  

Sifat dari vitamin E yang mudah diserap oleh kulit menjadikan beberapa produk skincare dengan kandungan vitamin E banyak ditemukan di pasaran. Selain itu, vitamin E juga tidak mudah hilang saat terkena sinar UV, sehingga menjadi poin plus untuk penggunaannya.

Namun perlu diperhatikan, penggunaan vitamin E secara topikal harus sesuai prosedur. Jika pemakaiannya dilakukan secara sembarangan, dampaknya akan kurang bisa diserap oleh kulit.  Terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, penggunannya secara berlebihan dapat memicu tumbuhnya jerawat. Begitupun halnya untuk orang yang memiliki jaringan kulit yang tipis atau kulit yang sangat sensitif. Sehingga pemilihan skincare yang memiliki kandungan vitamin E perlu diperhatikan.

Bacaa Juga :

Siapa Sih yang Tidak Tahu Tentang Vitamin E? Apalagi Manfaatnya yang Luar Biasa Untuk Kulit

Wujudkan Mimpi Kamu Memiliki Rambut yang Halus dan Berkilau dengan Minyak Vitamin E

Vitamin Essensial untuk Kesehatan Wanita

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Bahan Aktif untuk Atasi Keriput – Bagian 2

Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 bahan aktif untuk