Jika ditanya “Apa jenis kulit Anda?” apakah Anda sudah memiliki jawabannya? Apakah Anda sudah mengenal jenis kulit yang Anda miliki? Mengenal jenis kulit snagatlah penting karena dengan mengenal jenis kulit, maka Anda dapat memilih produk perawatan yang tepat untuk kulit Anda. Sebaliknya, jika Anda memilih produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, maka kulit pun beresiko mengalami masalah kulit. 

Sepenting itu mengetahui jenis kulit untuk menddapatkan hasil perawatan yang maksimal untuk kulit kita. Di bagian I, sudah disebutkan beberapa jenis kulit. Apa jenis kulit lainnya yang harusnya diketahui?

KULIT KOMBINASI

Kulit kombinasi biasanya ditandai dengan salah satu area yang kering, sedangkan area lainnya berminyak. Double combo, tandanya Anda memiliki kulit kombinasi. Area kering dan berminyak ini bisa terjadi di mana saja, namun umumnya area berminyak ini terjadi di area T-zone, sementara di area pipi atau bagian wajah lainnya bertipe kering dan normal.

Pemilik kulit kombinasi sebaiknya mencoba beberapa produk dan mengaplikasikannya di area tertentu. Misanya saja Anda ingin fokus melakukan eksfoliasi (pengelupasan) pada area dagu dan hidung, maka cobalah aplikasikan produk yang membantu proses eksfoliasi ini pada area dagu dan hidung saja. Area lainnya seperti pipi dan jidat bisa diaplikasikan pelembab biasa atau produk perawatan lainnya.

KULIT NORMAL

Kulit kita tidak terlalu kering, tetapi juga tidak terlalu berminyak. Inilah tanda bahwa jenis kulit yang Anda miliki adalah kulit normal. Pemilik kulit normal memiliki produksi sebum yang normal juga. Pemilik kulit normal cobalah untuk fokus memilih bahan-bahan seperti AHA, Retino, vitamin C, dan lainnya. Biasanya pemilik kulit normal jarang sekali mengalami masalah kulit,namun bukan berarti Anda cuek ya, karena Anda harus tetap menutrisi kulit Anda.

KULIT SENSITIF
jenis kulit sensitif adalah jenis kulit yang ahrus mendapatkan perhatian khusus, karena ia tidak berhubungan langsung dengan produksi sebum. Kulit sensitif biasanya mengalami rasa perih, gatal, dan kesemutan saat mencoba sebuah produk perawatan baru yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Pemilik kulit sensitif harus benar-benar selektif dan pemilih dalam menentukan produk perawatan kulit yang dibutuhkan agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit. saat ini banyak produk perawatan kulit yang memang diformulasi khusus untuk pemilik kulit sensitif. 

Produk kulit sensitif biasanya dibuat dengan formula lembut yang membantu mencegah iritasi dan terjadinya peradangan pada kulit. Walaupun dibuat dengan formula yang lebut, produk untuk kulit sensitif tetap mampu menutrisi kulit dengan baik.

Untuk mencegah terjadinya iritasi dan peradangan pada kulit, sebaiknya akukan dahulu uji produk di bagian kecil, misalnya area belakang telinga, leher, atau pipi. Lakukan uji coba ini selama beberapa hari, dan lihatlah hasilnya. Jika memang tidak menimbulkan masalah, Anda bisa mengaplikasinnya pada seluruh wajah.

Apapun jenis kulit Anda, Anda harus bersyukur dan merawatnya dengan baik. Pilih produk perawtan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika memang diperlukan ,Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter kulit Anda untuk mendapat masukan-masukan terkait kulit Anda.

Baca Juga :

Menjelajahi Manfaat Lulur Kopi untuk Perawatan Kulit Setiap Jenis Kulit

Tips Memilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit Anda

Memahami Kebutuhan Unik Kulit Berdasarkan Jenis Kulit Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Menghilangkan Jerawat yang Terbukti untuk Kulit Bersih

Jerawat adalah masalah umum yang dihadapi kebanyakan orang,