Pandemi memang membuat segalanya berubah, terutama segala aktivitas yang sebisa mungkin harus dilakukan dari rumah. Berada #dirumahaja tentu bukan berarti membatasi aktivitas fisik Anda , termasuk ibu hamil.

Wanita hamil memang masuk dalam kategori yang beresiko tinggi saat keluar rumah dan sebisa mungkin harus melakukan pencegahan sebelum keluar rumah. Rasa takut keluar rumah bukan berarti membatasi gerakan fisik Anda. Walaupun waspada itu perlu, namun penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat selama kehamilan.

Menjaga tubuh tetap sehat dan fit selama #dirumahaja dapat dilakukan dengan berolahraga di rumah. Selain nyaman karena di rumah sendiri, berolahraga di rumah tentu akan memberikan Anda privasi lebih. Lalu, apa saja olahraga yang cocok dilakukan ibu hamil saat dirumah?

  1. Senam Kegel

Senam kegel tidak hanya direkomendasikan untuk  wanita dengan berbagai usia, namun juga sangat dianjurkan untuk dilakukan pada masa kehamilan. Senam kegel berguna untuk mengendurkan otot di sekitar alat vital. Selain itu, senam kegel juga baik untuk menjaga kesehatan panggul agar lebih siap saat persalinan nanti

Melakukan senam kegel saat trimester dua selama 5 set setiap hari juga berguna untuk mencegah masalah inkontinensia feses yang biasa dialami selama kehamilan.

  1. Melatih Pernafasan Perut 

Melatih pernafasan perut dilakukan seperti latihan meditasi. Latihan pernafasan sangat bermanfaat untuk tubuh. Jika dilakukan secara rutin, latihan pernafasan dapat membantu mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi untuk si kecil. Latihan pernafasan juga baik untuk menjaga Anda tetap tenang mendekati proses persalinan yang disertai kontraksi.

  1. Latihan Beban

Siapa bilang ibu hamil tidak bisa angkat beban. Calon ibu bisa berolahraga angkat beban  sederhana dari rumah. Latihan beban sederhana disertai peregangan dapat membantu meredakan nyeri punggung, membangun stamina, serta membantu menjaga daya tahan yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain itu, latihan ini juga membantu menjaga kenaikan berat badan yang cukup (mengurangi kenaikan berat badan yang berlebihan selama masa kehamilan)

  1. Yoga Dengan Pose Cat-Cow

Banyak sekali yang menyarankan olahraga yoga dalam proses kehamilan. Kebanyakan wanita hamil memilih yoga klasik. Salah satu yang perlu diperhatikan selama mengikuti yoga adalah pose yoga itu sendiri. Jangan sampai salah posisi ya.

Salah satu posisi yang disarankan untuk dilakukan saat hamil adalah pose cat-cow yang membantu memperkuat otot punggung bagian bawah dan perut. Latihan yoga cat-cow, secara teratur juga dapat membantu tubuh menyesuaikan posisi kelahiran yang ideal. Yoga juga dapat dilakukan di mana saja, baik di lantai maupun di kasur.

Itulah beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan ibu hamil selama #dirumahaja. Jadi, tak ada alasan untuk tetap berolahraga ya. Tetap aktif selama kehamilan itu penting, namun Anda harus tetap memeriksakan diri secara berkala ke dokter.

Pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter, karena dokter lah yang mengetahui riwayat kehamilan Anda. Dokter akan membantu dan memberikan yang terbaik. Pertahankan juga jadwal latihan Anda. Jika perlu disiapkan tempat khusus untuk berolahraga. Lakukan olahraga secara perlahan dan jangan memaksakan diri untuk menghindari cedera. Berhenti jika memang tubuh sudah tidak mampu.

Baca Juga :

Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Berperang Melawan Virus dengan tetap #DiRumahAja

Cukup Gunakan Dua Bahan Ini Untuk Buat Masker Terbaik Dirumah

Facial Itu Gak Perlu Mahal dan Ribet. Kamu Juga Bisa Melakukan Facial Fruit Hanya dengan Dduduk Manis Dirumah !

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik