Dalam peradaban kuno dan Eropa abad pertengahan, lipstik dibuat menggunakan teknik sederhana dan tidak efektif. Produk kosmetik pertama yang digunakan oleh umat manusia adalah lipstik, tetapi seiring waktu, ia telah mengalami peningkatan yang substansial. Namun kegunaannya selalu tetap sama, terutama wanita karena mereka ingin terlihat lebih cantik, membedakan diri dari wanita lain, membuat riasan untuk acara-acara, dan melindungi bibir mereka dari sinar UV yang berbahaya, udara kering, dan angin. Tapi apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang terbuat dari lipstik? Ya, ada pewarna berbeda yang memberi warna pada lipstik, tapi apa lagi? Nah, mari kita cari tahu terbuat dari apa lipstik hari ini.

Panduan Lipstik Lengkap – Dasar-dasarnya

Pada dasarnya, lipstik mengandung 6 bahan utama yang meliputi berbagai macam pewarna atau pigmen, lilin, minyak, antioksidan, alkohol, dan pengawet. Namun ada beberapa merek yang juga menanamkan bahan tambahan lain seperti vitamin E, bahan pelembab, kolagen, tabir surya, dan asam amino. Mari kita pahami apa yang terbuat dari lipstik.

Terbuat dari Apa Lipstik?

Sejak zaman kuno, hiasan bibir terbatas pada buah beri berwarna. Saat ini, semua merek modern menggunakan jenis bahan yang sama yang diproduksi oleh industri modern. Merek mungkin berbeda dengan beberapa bahan tambahan, tetapi mari kita fokus pada yang utama.

1. Pengawet dan antioksidan

Lipstik bukanlah sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk waktu yang lama karena mengandung bahan-bahan tertentu yang cenderung menurun dalam waktu tertentu. Tetapi campuran antioksidan dan pengawet yang tepat memainkan peran penting dalam memperpanjang umur simpan lipstik. Oleh karena itu, pengawet adalah salah satu bahan utama dalam lipstik.

2. Pigmen

Kita semua memiliki banyak warna lipstik di meja rias kita dan pigmen yang berbeda di dalamnya memberi mereka warna. Inilah sebabnya mengapa merek lipstik memanjakan kami dengan ratusan warna untuk dipilih sesuai dengan preferensi kami.

3. Lilin

Wax adalah bahan utama lain dalam setiap lipstik karena memberikan dasar yang membuat aplikasi lebih mudah. Terutama lilin lebah, lilin carnauba, dan candelilla yang digunakan.

4. Minyak dan emolien lainnya

Minyak menyumbang lebih dari 60% dari berat lipstik. Di antara jenis minyak yang paling umum adalah minyak jarak, minyak sayur, minyak mineral, minyak lanolin, dan mentega kakao.

5. Parfum

Bahan-bahan yang disebutkan di atas terkadang bisa mengeluarkan baunya sendiri, yang membuat bau lipstik menjadi funky. Inilah sebabnya mengapa produsen lebih suka menambahkan parfum atau wewangian lain sehingga menyenangkan hidung kita.

Diskusikan Aplikasi Lipstik

Kita semua suka mengaplikasikan lipstik, bukan? Tapi tahukah Anda bahwa kita bisa menggunakannya dengan berbagai cara selain hanya menggunakannya di bibir kita? Karena ada begitu banyak jenis lipstik di pasaran, kita dapat bereksperimen dengan tampilan yang berbeda. Lipstik memang serbaguna, dan mari kita lihat bagaimana kita bisa menggunakannya dengan cara yang berbeda.

1. Perona pipi

Salah satu aplikasi lipstik yang paling umum adalah menggunakannya sebagai perona pipi. Ini akan memberi Anda tampilan yang mirip dengan yang dari krim perona pipi. Ambil lipstik favorit Anda dan oleskan sedikit pada apel pipi Anda. Ratakan dengan jari atau kuas. Anda juga dapat menggunakan warna yang sama dengan yang Anda gunakan pada bibir untuk menciptakan tampilan riasan monokromatik atau tanpa riasan.

2. Bronze

Sama seperti blush on, Anda bisa menggunakan lipstik warna coklat sebagai bronzer karena berfungsi sebagai bronzer/kontur krim. Pilih warna dengan warna sejuk untuk tampilan berkontur dan warna lipstik warna hangat untuk tampilan warna perunggu yang cerah.

3. Eyeshadow

Ambil lipstik yang melengkapi warna kulit Anda dan oleskan ke kelopak mata Anda. Padukan dengan ujung jari Anda dan tambahkan banyak maskara untuk menambah warna dan kesegaran mata Anda secara instan.

4. Eyeliner

Jika Anda ingin keluar semua dan menjadi kreatif, ambil lipstik cair favorit Anda dan kuas eyeliner. Ambil sedikit lipstik pada kuas dan aplikasikan sebagai eyeliner. Anda bisa berkreasi dan mencoba tampilan warna-warni yang berbeda.

5. Korektor warna

Lipstik juga bisa digunakan sebagai korektor warna. Menggunakan lipstik merah yang Anda miliki di kit Anda; Anda dapat menutupi lingkaran hitam dan pigmentasi di bawah mata Anda. Kemudian lapisi concealer Anda di atasnya, menghilangkan kebutuhan akan korektor warna terpisah. Nada merah membatalkan pigmentasi biru/hijau.

Baca Juga :

Ingin Terlihat Natural? Coba Pakai Lipstick dengan Pilihan Warna Berikut

REVIEW: Mustika Ratu Beauty Queen Bold & Nourishing Lipstick

Bibir Suka Kering Saat Pakai Lipstick Matte? Atasi Dengan Cara Ini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

3 Manfaat Menggunakan Masker Rambut Semalam

Mari kita hadapi itu-kita menetapkan tujuan menjadi lebih