Memulai jalur perjalanan perawatan kulit yang benar bukan hanya untuk orang dewasa; ini adalah aspek penting dari perawatan diri yang harus dimulai sejak masa remaja. Meskipun masa remaja sering kali ditandai dengan perubahan hormonal dan timbulnya jerawat, melakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat sejak dini dapat menjadi landasan bagi kulit yang sehat dan bercahaya hingga masa dewasa. Mengembangkan praktik perawatan kulit dasar bahkan ketika masih anak-anak dapat menjadi landasan bagi kulit yang sehat dan bercahaya seumur hidup, serta membuka jalan bagi rutinitas yang baik ketika anak memasuki usia remaja, yaitu saat perjuangan sesungguhnya dimulai. Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai merawat kulit, padahal banyak orang mungkin mengira rangkaian perawatan kulit hanya untuk orang dewasa.

Kapan Anda Harus Mulai Merawat Kulit Anda dan Mengapa?

Menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan usia sangatlah penting karena perubahan hormonal pada remaja dapat mengakibatkan peningkatan produksi minyak, yang meningkatkan kerentanan mereka terhadap jerawat dan kondisi kulit lainnya. Rutinitas perawatan kulit yang tepat mendorong perilaku sehat yang mendukung kesehatan kulit jangka panjang. Di sisi lain, menjadi generasi muda yang percaya diri dalam dunia yang kompetitif ini lebih penting:

  • Membantu mencegah dan mengobati kondisi kulit umum seperti jerawat, yang mungkin berdampak serius pada harga diri remaja.
  • Penerapan praktik perawatan kulit yang benar & sehat dapat membantu menangkal konsekuensi jangka panjang termasuk kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini.
  • Remaja yang mengikuti program perawatan kulit teratur membangun landasan perilaku baik seumur hidup yang meningkatkan kesejahteraan mereka secara umum.

Ketahui Jenis Kulit Anda

Mengetahui jenis kulit Anda adalah langkah pertama sebelum memulai rutinitas perawatan kulit apa pun. Remaja bisa saja memiliki kulit berminyak, kering, kombinasi, sensitif, dan jenis kulit lainnya. Sepanjang hari, perhatikan perilaku kulit Anda. Apakah tampak kering, berminyak, atau kombinasi keduanya? Memahami jenis kulit Anda membantu Anda membuat pilihan produk yang bijak dan menciptakan rutinitas yang produktif.

Jangan Lupa Membersihkan Secara Teratur

Dasar dari setiap perawatan kulit adalah pembersihan. Penting untuk mencuci muka dua kali sehari, di pagi hari dan sebelum tidur. Pilih pembersih berbahan dasar ringan dan bebas sulfat. Hal ini mencegah timbulnya jerawat dan menciptakan permukaan bersih dengan menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan polutan.

Jadikan Pelembab sebagai Sahabat Terbaik Anda

Jangan pernah melewatkan pelembab meskipun Anda memiliki kulit berminyak. Untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi tanpa mengental, gunakan pelembab yang ringan. Dengan mencegah kulit menjadi terlalu berminyak, pelembab membantu menyeimbangkan produksi minyak.

Katakan ‘Tidak’ pada Bahan-Bahan Keras

Hindari produk perawatan kulit dengan bahan-bahan keras karena dapat mengiritasi kulit muda dan rapuh. Produk dengan banyak bahan kimia, alkohol, atau aroma yang kuat harus dihindari. Bahan kimia pengganggu endokrin (EDC) adalah zat yang meniru hormon alami tubuh dan memengaruhi fungsi normal tubuh. Sebelum memilih produk, pastikan produk tersebut bebas dari BPA, ftalat, paraben, pewangi alergi, atau bahan kimia pengganggu endokrin lainnya. Sebaliknya, berkonsentrasilah pada zat yang menenangkan dan ringan seperti kamomil, dan lidah buaya. Komponen-komponen ini memiliki kemampuan untuk mengurangi kemerahan dan meredakan peradangan.

Baca Juga :

5 Kegunaan Susu yang Luar Biasa dalam Rutinitas Kecantikan Anda

Ketahui Semua Tentang Penggunaan Melatonin Dalam Rutinitas Perawatan Kulit Anda

Dapatkan Rutinitas Perawatan Kulit Bersinar Dengan Niacinamide

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Penting untuk Pencegahan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Jadi, kamu terlalu banyak mendapat sinar matahari, ya?