Tidur nyenyak adalah dambaan setiap orang. Akan tetapi hal itu bisa saja menjadi mustahil ketika Anda tidur bersama dengan orang yang mendengkur. Bahkan bisa jadi Anda sendiri yang tidur mendengkur, sehingga Anda merasa kurang percaya diri ketika harus tidur bersama dengan orang lain. Yuk cari tahu kenapa Anda mendengkur dan mengapa suaranya begitu keras? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Apa yang menyebabkan mendengkur?

Mendengkur adalah suara yang terjadi ketika udara mengalir melewati jaringan yang rileks di tenggorokan Anda yang kemudian bergetar saat udara melewatinya. Mendengkur lebih mungkin terjadi ketika ada penyumbatan parsial pada jalan napas (yaitu jaringan yang bergetar). Ada sejumlah penyebab, yang bisa bersifat sementara – seperti ketika Anda mengalami hidung tersumbat karena pilek, alergi, atau demam, atau bisa lebih permanen seperti ukuran amandel atau bentuk mulut dan tenggorokan Anda.

Ketika seseorang kelebihan berat badan, mereka lebih cenderung mendengkur karena beban leher dan tenggorokan mereka akan lebih besar dan, saat seseorang berbaring untuk tidur, beban ekstra dari kulit dan leher Anda akan menutup jalan napas Anda.

Mengapa mendengkur begitu keras?

Jika Anda beruntung, dengkuran yang Anda dengar akan lembut dan hampir menenangkan. Pada kenyataannya, itu lebih cenderung keras – dalam beberapa kasus, sangat keras.

Saat udara melewati jaringan yang bergetar di tenggorokan Anda, semakin sempit jalan napas yang dilaluinya (semakin tersumbat jalan napasnya), semakin kuat aliran udaranya, semakin banyak jaringan yang bergetar dan semakin keras dengkurannya.

Kapan Anda harus ke dokter?

Cobalah tips untuk mengatasi dengkuran secara alami, seperti mengubah arah tidur, mengurangi berat badan, dll. Jika semuanya gagal, Anda mungkin memerlukan intervensi medis. Terutama jika Anda mencurigai dengkuran Anda akibat sleep apnea, yang dapat menjadi kondisi yang melemahkan jika tidak diobati.

Jika Anda tahu bahwa Anda mendengkur dan dengkuran Anda terganggu oleh jeda dan pernapasan di malam hari, maka ini merupakan indikasi apnea tidur obstruktif. Sleep apnea adalah di mana tenggorokan Anda menutup pada malam hari sehingga saluran udara benar-benar tersumbat dan udara tidak dapat mengalir. 

Setelah beberapa saat tidak bernapas, otak Anda akan menyadari dan mengirimkan gelombang adrenalin untuk membangunkan Anda agar Anda bisa bernapas kembali, lalu kemungkinan besar Anda akan langsung tertidur kembali. Seringkali, orang akan tertidur kembali begitu cepat sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka bangun sama sekali, tetapi kualitas tidur mereka akan rusak oleh gangguan ini.

Dalam sleep apnea, hal ini dapat terjadi berulang kali sepanjang malam, menyebabkan secara signifikan mengganggu tidur Anda. Kecuali jika Anda memiliki pasangan tidur yang memberi tahu Anda bahwa Anda berhenti bernapas di malam hari, Anda mungkin tidak menyadari bahwa itu terjadi.

Tanda-tanda lain dari sleep apnea adalah Anda mungkin terbangun dengan sensasi tersedak atau mungkin merasa sangat lelah di siang hari, meskipun Anda mengira sudah cukup tidur di malam hari. Jika Anda menduga Anda menderita sleep apnea maka sangat penting untuk berbicara dengan dokter umum, karena ada implikasi kesehatan yang signifikan jika tidak ditangani.

Seorang dokter akan dapat menawarkan pilihan lebih lanjut. Ada perangkat seperti mesin CPAP, misalnya, yang bisa meredakan dengkuran dan sleep apnea. Pembedahan juga dapat dilakukan, termasuk adenoidektomi atau tonsilektomi untuk mengangkat adenoid atau amandel, operasi langit-langit mulut, atau somnoplasti untuk mengurangi jaringan lunak di bagian belakang tenggorokan. 

Baca Juga :

Sering Mendengkur Saat Tidur? Hati Hati.. Ini Tanda Bahaya Untuk Kesehatan Kamu

Solusi Rumahan yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Mengatasi Mendengkur

Simak 4 Posisi Tidur Ini Beserta Dampak Baik dan Buruknya bagi Tubuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita