Tidur menjadi kebutuhan yang wajib kita penuhi sehari-hari. Kamu butuh istirahat yang baik setelah beraktivitas sepanjang hari. Tidak hanya fisik saja yang istirahat, tetapi pikiranmu juga ikut beristirahat saat tidur. 

Tidur yang berkualitas akan membuat pikiran dan tubuhmu kembali segar setelah kamu bangun. Nah, agar kualitas tidur kamu tetap baik, posisi tidur juga harus diperhatikan. Mengapa? Karena posisi tidur yang salah justru bisa membuat kamu sakit. 

Berikut adalah empat posisi tidur beserta penjelasan tentang dampak baik dan dampak buruknya bagi tubuh. 

  1. Meringkuk seperti janin 

Posisi tidur dengan meringkuk seperti janin adalah yang posisi paling populer. Bukan hanya nyaman, tapi posisi ini juga baik untuk kesehatan tubuh. Dengan tidur secara meringkuk seperti janin, nyeri punggung bagian bawah yang mungkin kamu derita bisa mereda. 

Selain itu, posisi meringkuk seperti janin juga baik bagi kamu yang sedang hamil. Posisi ini juga dapat membantu mengurangi dengkuran, loh. Tapi ingat, kamu harus memastikan postur tubuh longgar atau rileks agar tidak pegal-pegal saat bangun pagi nanti.  

  1. Miring ke samping

Tidur dengan posisi miring ke samping sebenarnya mirip dengan tidur dalam posisi janin atau meringkuk. Bedanya, saat tidur dengan posisi miring ke samping, kaki kamu tidak ditekuk, melainkan lurus.

Tidur miring bisa bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi dengkuran, membantu mengurangi gejala mual, dan baik untuk kesehatan pencernaan. Meski begitu, tetap ada beberapa kelemahan dari posisi ini.

Kelemahannya adalah kamu berisiko mengalami rasa kaku pada bagian bahu dan rahang. Selain itu, kamu perlu menghindari tidur miring ke kanan karena dapat meningkatkan gejala mual dan refluks asam. Para ahli menyarankan agar kamu tidur miring ke arah kiri daripada ke arah kanan.

Apabila kamu mengalami sakit punggung bagian bawah, usahakan untuk memeluk bantal atau guling jika tidur dengan posisi miring ke samping. Letakkan bantal di antara di antara kaki untuk menyeimbangkan menyelaraskan pinggul agar terhindar dari sakit punggung bagian bawah.

  1. Telentang

Tidur telentang adalah salah satu posisi tidur yang sehat dan banyak direkomendasikan oleh ahli. Dengan tidur secara telentang, kamu bisa melindungi tulang belakangmu dan mengurangi nyeri pinggul dan lutut yang mungkin kamu derita. 

Tidur telentang akan membuat tubuh berada pada posisi rata, sehingga mengurangi tekanan pada punggung dan persendian. Nah, agar posisi telentang makin baik bagi kesehatan, kamu bisa menambahkan bantal pada bagian belakang lutut. Cara ini akan membantu menopang lekukan alami di bagian punggung.

Meskipun begitu, masih ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi jika kamu tidur dengan posisi telentang. Posisi ini kurang baik jika kamu mengalami gejala sleep apnea atau sering mendengkur. 

  1. Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap memang sering kali dilarang atau tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Tetapi, di luar sana banyak orang yang paling nyaman tidur dengan posisi ini. 

Posisi ini memang memiliki dampak buruk, seperti menyebabkan tegang pada persendian, sakit leher, dan sakit punggung. Karenanya, kamu perlu menambahkan bantal di bawah perut saat tidur tengkurap. Hal ini dilakukan untuk menopang punggung.

Namun, tidur tengkurap tidak 100% buruk. Ada juga dampak baik yang bisa terjadi saat tidur tengkurap, yaitu membantu mengurangi dengkuran bagi kamu yang menderita sleep apnea

Baca Juga :

Tahukah Kamu? Posisi Tidur Dapat Mengungkapkan Kepribadian, Loh!

Posisi Tidur Bisa Meminimalisir Keriput di Wajah. Mitos Kecantikan Belaka Atau Fakta?

Hindari Posisi Tidur Ini Agar Segar Bangun di Pagi Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Kesehatan Yang Mengesankan Dari Adas Manis

Pimpinella anisum, yang dikenal sebagai adas manis, adalah