Lewatlah sudah hari-hari ketika kehamilan dianggap sebagai hambatan bagi kemajuan karir; saat ini, hal itu dipandang sebagai bagian alami dari kehidupan. Meskipun kehamilan adalah perjalanan yang indah, kehamilan juga disertai dengan ketidaknyamanan. Bagi wanita pekerja yang duduk di depan meja dalam waktu lama, ketidaknyamanan yang dirasakan dapat berupa nyeri otot dan kaku pada punggung. Penting untuk menjaga diri sendiri dan tubuh Anda selama periode ini. Dengan beberapa peregangan sederhana dan penyesuaian pada ruang kerja Anda, Anda dapat mengurangi sebagian ketidaknyamanan tersebut dan menjaga diri Anda merasa nyaman selama kehamilan.

Manfaat Peregangan

Peregangan dapat membantu Anda menjaga kelenturan dan mengurangi ketegangan otot. Selain itu, menyesuaikan ketinggian kursi dan meja dapat membantu Anda menghindari sakit punggung dan memperbaiki postur tubuh. Anda juga dapat sering beristirahat untuk berdiri, berjalan-jalan, atau melakukan peregangan. Selain itu, ingatlah untuk tetap terhidrasi dan mendapat nutrisi, serta dengarkan sinyal tubuh Anda. Dengan menerapkan perubahan kecil ini, Anda dapat mempertahankan karier yang sukses sekaligus memastikan kehamilan yang nyaman dan aman.

Peregangan Tempat Kerja Untuk Menambah Rutinitas Anda

Peregangan tempat kerja ini akan membantu Anda menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi Anda.

  1. Peregangan Leher Dan Bahu

Mulailah dengan duduk tegak di kursi dengan kaki rata di lantai. Perlahan putar bahu Anda ke belakang dan ke bawah, lalu perlahan lingkari leher Anda ke satu arah, sambil menarik napas dalam-dalam. Ulangi dengan arah sebaliknya. Peregangan ini membantu melepaskan ketegangan di leher dan bahu Anda, yang dapat terjadi akibat berjam-jam bekerja di depan komputer.

  1. Torso Twist

Kehamilan memberi tekanan pada otot punggung dan seiring bertambahnya ukuran benjolan Anda, peluang Anda untuk sakit punggung bagian bawah juga meningkat. Cobalah latihan memutar yang lembut dan tidak dalam agar tetap fleksibel dan mencegah kekakuan. Fokus pada tubuh bagian atas, bukan perut. Saat Anda duduk, letakkan tangan kanan Anda di sandaran kursi dan tangan kiri di lutut kanan. Tarik napas untuk memanjangkan tulang belakang, lalu buang napas sambil memutar perlahan ke kanan, sambil melihat ke belakang bahu kanan. Tahan beberapa napas, lalu ulangi pada sisi lainnya. Peregangan ini membantu meredakan ketegangan pada tulang belakang dan pinggul Anda.

  1. Peregangan Pergelangan Tangan Dan Tangan

Selama kehamilan, retensi air yang berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan pada tangan dan kaki. Untuk menguranginya, Anda dapat melakukan rutinitas rotasi sederhana beberapa kali sehari. Mulailah dengan merentangkan satu tangan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Gunakan tangan Anda yang lain untuk menekan jari-jari Anda dengan lembut ke arah tubuh Anda sampai Anda merasakan regangan di lengan bawah dan pergelangan tangan Anda. Tahan beberapa napas lalu ganti sisi. Lakukan hal yang sama pada bahu dan kaki Anda juga, sambil duduk di kursi. Peregangan ini membantu meningkatkan sirkulasi, mengurangi risiko pembengkakan dan ketidaknyamanan.

  1. Peregangan punggung

Duduk berjam-jam di depan laptop dapat membuat tulang belakang Anda tegang dan menyebabkan kekakuan dan nyeri. Hilangkan ketegangan dengan duduk tegak di kursi Anda. Kaitkan jari-jari Anda, lalu angkat tangan ke atas kepala dan tarik napas sambil meregangkan lengan, jaga punggung tetap lurus. Turunkan tangan Anda saat Anda mengeluarkan napas. Ulangi rutinitas ini beberapa kali setiap hari.

Sangat penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan hanya melakukan latihan yang terasa nyaman. Jika ada peregangan atau olahraga yang menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri, segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter Anda. Setelah Anda selesai melakukan peregangan di meja kerja, luangkan waktu sejenak untuk memejamkan mata dan fokus pada pernapasan Anda. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, biarkan perut terisi udara, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan ini selama beberapa tarikan napas, biarkan diri Anda rileks dan rileks. Jangan batasi pola olahraga Anda di kantor; sangat penting untuk aktif selama kehamilan selama dokter Anda mengizinkan!

Baca Juga :

Hamil? Maka Hilangkan Stres Dengan Tips Ini!

Mual Sepanjang Kehamilan Anda? Ini Bisa Menjadi Tanda Peringatan

7 Makanan Ajaib Yang Dapat Membantu Mengatasi Perubahan Suasana Hati Saat Hamil

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

13 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Metabolism Anda Menurut Ahli Gizi (Bagian II)-end

Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab