Batang sampo dan kondisioner menjadi populer sebagai alternatif yang lebih sadar lingkungan daripada sampo dan kondisioner cair biasa. Kondisioner atau sampo batangan adalah produk sabun yang dirancang khusus untuk membersihkan dan melembabkan rambut. Ada berbagai jenis produk yang tersedia, seperti batang sampo penggelap rambut, batang sampo organik, kondisioner, dan batang sampo untuk rambut kering.

Anda dapat membeli batang sampo online di India, atau membuatnya sendiri menggunakan resep batang sampo. Baca lebih lanjut tentang manfaat dan kerugian batang sampo dan kondisioner, resep dan ketentuan penggunaannya!

Pro

  1. Kemasan Ramah Lingkungan

Manfaat pertama sampo kering dan batangan kondisioner adalah kemasannya lebih sedikit. Ini menjadikannya pilihan yang lebih berkelanjutan dibandingkan dengan produk cair konvensional dalam plastik.

  1. Portabel dan Nyaman

Batang sampo dan kondisioner sangat nyaman digunakan dalam rutinitas kecantikan Anda, karena bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa-bawa. Mereka juga ideal untuk pelancong, karena mudah dikemas dalam koper atau tas olahraga.

  1. Sepanjang masa

Bar sabun kondisioner atau sampo dapat bertahan untuk waktu yang lama. Beberapa batang bertahan hingga tiga kali lebih lama dari sampo cair dan kondisioner dalam botol. Ini berarti penghematan biaya jangka panjang.

Kontra

  1. Periode Penyesuaian

Salah satu kerugian signifikan dari sampo dan kondisioner batangan adalah rasanya berbeda dibandingkan dengan sampo dan kondisioner cair biasa. Kadang-kadang, Anda mungkin menemukan bahwa mereka tidak banyak berbusa, yang membutuhkan waktu untuk membiasakan diri.

  1. Efek Pengeringan

Beberapa batang sampo di India bisa mengering, terutama bagi mereka yang mengalami dehidrasi atau rambut rusak. Ini karena mengandung lebih sedikit kelembapan dibandingkan dengan sampo dan kondisioner cair tradisional.

  1. Pilihan Terbatas

Kerugian lain dari sampo batangan adalah terbatasnya pilihan yang tersedia dibandingkan dengan sampo dan kondisioner cair konvensional. Hal ini dapat menyulitkan untuk menemukan produk yang cocok untuk jenis atau kebutuhan rambut tertentu.

Resep Sampo dan Kondisioner Bar DIY

Untuk menyiapkan batang sampo kering atau batang kondisioner alami, aduk bahan-bahan yang tercantum di bawah ini menjadi satu. Tuang adonan ke dalam cetakan sabun atau cetakan silikon. Biarkan batang sampo atau kondisioner tidak terganggu selama 24 jam, atau hingga benar-benar mengeras. Setelah mengeras, keluarkan batang dari cetakan dan biarkan mengering selama beberapa hari.

1. Bar Sampo Rambut Soda

Resep ini membutuhkan setengah cangkir sabun parut, 1 sendok makan soda kue, 1 sendok makan air, dan 5-10 tetes minyak esensial. Campur semuanya dalam mangkuk hingga tercampur rata.

2. Bar Shampo Cuka Sari Apel

Campurkan setengah cangkir sabun parut, 1/4 cangkir ACV, 1/4 cangkir air, dan 10 tetes minyak esensial lavender dalam mangkuk. Bilah ini sangat bagus untuk menghilangkan penumpukan dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

3. Batang Sampo Santan

Campur setengah cangkir sabun parut, 1/4 cangkir santan, 1/4 cangkir air, dan 10 tetes minyak esensial pohon teh. Bar ini sangat ideal untuk mereka yang memiliki rambut kering dan rusak, karena santan membantu melembabkan dan menutrisi.

4. Bar Sampo Teh Herbal

Campurkan setengah cangkir sabun parut, 1/4 cangkir teh herbal, 1/4 cangkir air, dan 10 tetes minyak esensial rosemary ke dalam mangkuk. Bar ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki rambut berminyak, karena teh herbal membantu menyeimbangkan minyak alami kulit kepala.

5. Batang Sampo Madu

Campur setengah cangkir sabun parut, 1/4 cangkir madu, 1/4 cangkir air, dan 10 tetes minyak esensial lemon. Batang ini sangat ideal untuk mereka yang memiliki rambut kering dan rapuh, karena madu membantu melembabkan dan menambah kilau pada rambut Anda.

Baca Juga :

<strong>8 Manfaat Omega-3 dan Cara Menambahkannya dalam Perawatan Rambut Anda</strong>

<strong>5 Langkah Membersihkan Kuas Makeup Seperti Pro</strong>

<strong>6 Tips Menggunakan Minyak Rosemary untuk Rambut</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Strategi Efektif untuk Mencegah Jerawat Akibat Kelembapan

Saat musim panas tiba dan tingkat kelembapan meningkat,