Apakah kamu sering merasa bad mood akhir-akhir ini?

Sudahkah kamu menemukan alasan mengapa suasana hatimu jadi buruk?

Tak perlu khawatir jika kamu tidak mampu menemukan alasannya. Kamu bisa mencarinya pelan-pelan sembari memahami dirimu lebih dalam. Hal terpenting adalah bagaimana cara kamu menghibur diri agar tak berlarut-larut dalam suasana bad mood.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar suasana hatimu membaik sehingga kamu siap menjalani aktivitas seperti sedia kala.

  1. Jalan-jalan di pagi hari

Bangun di pagi hari mungkin tidak mudah atau tidak menyenangkan bagi sebagian orang, terutama mereka yang terbiasa begadang seharian. Namun, sebenarnya bangun pagi itu penting. Coba perbaiki pola tidur kamu, lalu luangkan waktu untuk berjalan-jalan di pagi hari.

Dengan berjalan-jalan, kamu dapat menghirup udara segar, menjernihkan pikiran kamu, dan menggerakkan badan untuk meningkatkan energi. Jika kamu rutin berjalan-jalan pagi, kamu akan merasakan suasana hatimu terus membaik sepanjang hari. 

Selain itu, berjalan tiap pagi sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini terjadi karena jumlah darah yang menyuplai otak jadi lebih banyak, sehingga memori dan konsentrasi menjadi lebih kuat. 

  1. Ikut kegiatan volunteer atau bakti sosial

Kegiatan vounteer atau bakti sosial bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi bad mood kamu. Jangan menganggap bakti sosial atau beramal hanyalah ajang buang-buang uang. Karena, sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak uang yang ditimbun seseorang, maka orang tersebut akan semakin merasa tidak nyaman dan tingkat kortisol meningkat. 

Jadi, beramal dan ikut kegiatan volunteer sebenarnya tidak hanya menguntungkan orang atau lembaga yang kamu bantu, tetapi juga menjagamu agar tetap sehat. 

Setiap kali kamu berbuat baik dan menyadari bahwa apa yang kamu lakukan berguna bagi orang lain, maka endorfin akan dilepaskan di otak, sehingga membuat kamu bahagia dan bersemangat. 

  1. Gerakkan badan sebanyak-banyaknya (olahraga)

Jika berjalan-jalan di pagi hari tidak cukup untuk memperbaiki suasana hatimu, cobalah cara lain dengan rajin berolahraga. Lakukan olahraga yang kamu suka, entah itu angkat beban, berlari, berenang, senam aerobik, atau lainnya. Olahraga akan membantu otak kamu tetap aktif dan mampu melepaskan stres. 

  1. Pakai lampu sebagai alarm 

Saat ini ada banyak sekali produk lampu pintar atau smart lamp yang dapat kamu jadikan alarm dengan cara diatur agar menyala pada jam tertentu. Lampu menjadi alternatif baik yang dapat menggantikan jam alarm yang mengganggu. Cahaya lampu akan membangunkan kamu dengan cara yang lebih halus dan menyenangkan. Sehingga, kamu tidak akan bad mood di pagi hari akibat alarm yang memuakkan.

  1. Rencanakan liburan kecil-kecilan

Seperti halnya handphone yang perlu istirahat dan diisi daya alias di-charge, tubuh dan pikiran kamu juga membutuhkan “istirahat” dari rutinitas sehari-hari yang membuatmu stres.

Ketika sudah tidak mampu bekerja efektif karena stres yang menumpuk, cobalah luangkan waktu untuk liburan kecil-kecilan. Tidak perlu ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Staycation di hotel terdekat atau bertamasya sehari dengan teman sambil membicarakan kehidupan sudah cukup untuk mengisi energi.

Saat energi sudah sedikit pulih, kamu dapat kembali ke rutinitas sehari-hari dengan kondisi yang lebih segar. 

Baca Jugaa :

Jangan Pernah Mengucapkan Komentar Ini Kalau Gak Mau Bikin Pasangan Kamu Bad Mood!

Bad Mood? Cara Ampuh ini Akan Membuatmu Merasa Lebih Baik Dalam Seketika

Jaman Gini Masih Sering Bad Mood Gara-gara Haid?! Artinya Hal-hal Positif Ini Belum Ada Di Hidupmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik