Orang-orang cenderung langsung mengantuk setelah mereka makan. Apa lagi, saat orang makan kenyang di siang hari. Bukannya menambah tenaga, orang justru ingin segera tidur siang. Seperti halnya kantor kamu akan menentang keinginan kamu untuk tidur, hal ini memang sebaiknya dihindari. Tidur atau bahkan hanya berbaring setelah makan, dapat menimbulkan konsekuensi yang membuatmu tidak nyaman.

  • Kamu bisa mulas

Perut kamu mengandung asam yang diproduksi saat kamu mencerna makanan. Gravitasi sangat membantu di dalam proses ini, karena gravitasi akan memaksa aliran fluida untuk turun ke bawah. Nah, jika kamu berbaring atau tidur setelah makan, maka  asam akan bergerak melalui perut dan mungkin bisa bersentuhan dengan bagian sensitif dari sistem pencernaan. Asam yang menyebar di berbagai area ini dapat menyebabkan rasa mulas di dalam perut, atau rasa terbakar yang menyakitkan di dada atau tenggorokan kamu.

  • Kualitas tidur akan terpengaruh

Jika kamu makan banyak sebelum tidur, proses pencernaan akan tetap berlanjut saat kamu tidur. Bisa jadi pikiran kamu justru lebih aktif selama tahap metabolisme ini sehingga kamu jadi tidak nyaman untuk tidur. Ketika kamu tidur setelah makan, kamu juga bisa mengalami mulas (seperti poin pertama), sehingga kamu tidak akan tidur dengan nyaman. Gejala-gejala dan gangguan ini tentu saja tergantung pada jenis makanan apa yang kamu makan dan berapa banyak makanan yang kamu makan.

  • Kamu bisa mengalami mimpi yang nyata atau mimpi buruk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, metabolisme yang sedang bekerja di dalam tubuh kamu mampu memicu otak sehingga otak kamu menjadi lebih aktif. Dengan demikian, sangat mungkin kamu akan memasuki tidur yang disebut gerakan mata cepat (REM), yang merupakan waktu di mana kebanyakan mimpi terjadi. Jadi, jika kamu menyadari bahwa kamu mengalami mimpi yang sangat jelas atau bahkan mimpi yang menyeramkan, cobalah untuk tidak makan saat waktu sudah dekat dengan jadwal tidur.

  • Kamu akan sering terbangun untuk buang air kecil

Ketika kamu tidur tepat setelah makan, kamu tidak memberi tubuh cukup waktu untuk membakar kalori dari makanan kamu. Jadi, meskipun kamu mungkin merasa sangat mengantuk setelah makan dan ingin langsung tidur di sofa, lebih baik kamu mencoba untuk tetap terjaga dan beraktivitas supaya saat tidur nanti kamu tidak akan terganggu dengan terus menerus terbangun untuk buang air kecil.

Lalu, berapa lama jeda waktu untuk tidur setelah kita makan?

Untuk mencegah terjadinya masalah seperti mulas atau sulit tidur pada malam hari, tentu kamu ingin semua isi perut kamu dipindahkan ke usus kecil sebelum kamu tidur, bukan?. Ahli gizi mengatakan bahwa proses pencernaan terjadi dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Jadi, usahakan untuk menunggu selama setidaknya 3 jam setelah makan, sebelum akhirnya kamu tidur. Hal ini berlaku untuk tidur malam, maupun tidur siang. Kamu bisa melakukan aktivitas lain dengan duduk di meja belajar untuk membaca buku, menulis jurnal, membaca webtoon atau menonton series favorit kamu!

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/bahaya-minum-air-es-setelah-makan/

https://www.tampilcantik.com/5-alasan-kenapa-orang-tua-selalu-melarang-kita-langsung-tidur-setelah-makan-malam/

https://www.tampilcantik.com/cara-hentikan-godaan-ngemil-manis-setelah-makan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kalimat Dukungan yang Ternyata Toxic dan Berbahaya

Di dalam hidup ini, ada suatu momen di