Setelah pulang bekerja, kita pasti akan merasa capek dan ingin segera istirahat. Tetapi walaupun berniat langsung istirahat setelah sampai rumah, tetap saja kita tidak bisa langsung tidur. Jika kita tinggal dengan keluarga mungkin kamu bisa mengobrol dengan keluarga atau melakukan hal lainnya. Tetapi, jika kamu tinggal sendiri, kamu pasti akan merasa kesepian. Sebenarnya, salah satu cara untuk mengatasi hal ini kamu bisa memelihara hewan peliharaan di rumah kamu. Hewan peliharaan tidak akan membuat kamu repot kok, justru kamu akan merasa terhibur dengan kehadirannya. Hewan yang bisa kamu pelihara dirumah seperti anjing, hamster, kucing, ataupun ikan. Nah, buat kamu yang belum punya hewan peliharaan, sepertinya kamu harus mempertimbangkannya. Dengan alasan ini kamu pasti akan berpikir untuk memelihara hewan peliharaan. Apa saja alasannya? Yuk kita lihat sekaran.

  1. Mengatasi Depresi

Alasan pertama kamu harus memelihara hewan peliharaan dirumah adalah untuk mengatasi depresi. Terlalu banyak pekerjaan atau masalah yang kamu hadapi dapat membuat kamu menjadi depresi. Hal ini jika tidak segera diatasi dan dibiarkan terlalu lama dapat membahayakan nyawa seseorang. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Dengan kamu mengelus bulu atau memeluk anjing akan menghasilkan hormon oksitosin yang dapat meredakan stress. Sehingga kamu tidak akan mudah cemas dan membuat tekanan darah normal kembali. Selain memiliki manfaat untuk kamu, hal ini juga bermanfaat untuk hewan tersebut. Jadi, ini adalah hubungan yang saling menguntungkan.

  1. Belajar Bertanggung Jawab dan Disiplin

Memiliki hewan peliharaan juga bisa membuat kamu lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin. Karena bukan diri kamu saja yang harus diurusi, kamu juga harus mengurus makan, vitamin, dan juga mengurus kandangnya. Kamu juga harus selalu ingat kapan harus memberikannya makan, vaksin, dan juga membawanya ke dokter. tidak hanya itu saja, kamu juga harus selalu mengajaknya bermain agar dia tidak bosan. Jika membiasakan hal ini pasti akan membuat kamu lebih bertanggung jawab dan disiplin.

  1. Menumbuhkan Rasa Sayang Terhadap Binatang

Alasan terakhir yang membuat kamu harus memiliki hewan peliharaan adalah dapat menumbuhkan rasa sayang terhadap binatang. Karena dia selalu berada disisi kamu dan selalu menemani hari-hari kamu, maka kamu akan menjadi terbiasa dengannya dan membuat kamu menyayanginya. Hal inilah yang membuat kamu tidak lagi menganggapnya sebagai hewan peliharaan tetapi sudah seperti teman. Jai, dengan memiliki hewan peliharaan maka jiwa penyayang kamu akan tumbuh dengan sendirinya.

Beberapa alasan inilah yang membuat kamu harus segera memiliki hewan peliharaan. Karean akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kamu.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Berkomunikasi dengan Anak dari Berbagai Usia

Apakah kamu adalah orang tua yang mengalami kesulitan