Beberapa fitur atau keterampilan pribadi yang dianggap tidak berguna atau negatif di dunia ini, sebenarnya dapat mengidentifikasi aktivitas otak tingkat tinggi pada setiap orang. Setidaknya, inilah yang dipikirkan oleh para ilmuwan. So, apa saja tanda-tandanya? Simak tanda-tanda yang menandakan seseorang memiliki aktivitas otak tingkat tinggi a.k.a Jenius, mungkin kamu salah satunya :

  1. Kidal

Pada tahun 1995, jurnalis The New Yorker, Maria Konnikova menggambarkan sebuah eksperimen yang dilakukan di antara sekelompok orang kidal dan orang yang beraktivitas dengan tangan kanan. Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang kidal lebih mahir dalam menggabungkan dua benda umum untuk membentuk benda ketiga, mereka juga ahli dalam mengelompokkan daftar kata ke dalam kategori alternatif.

Ilmuwan menghubungkan orang kidal dengan “pemikiran divergen” yaitu suatu bentuk kreativitas yang membantu menghasilkan ide-ide baru. 

  1. Sering khawatir tentang hal-hal kecil

Dalam suatu penelitian, ilmuwan meminta 126 siswa sekolah dasar untuk mengisi kuesioner tentang seberapa sering mereka merasa khawatir tentang sesuatu, atau memikirkan situasi yang membuat mereka merasa kesal.

Ternyata anak-anak yang memiliki lebih banyak hal yang dikhawatirkan, mendapatkan poin yang lebih tinggi dalam tes kecerdasan non-verbal yang dilakukan. Ilmuwan menghubungkan hal ini dengan fakta bahwa mereka yang “selalu khawatir” cenderung mampu melakukan pekerjaannya dengan lebih baik.

  1. Suka bercanda
Woman laughs

Sebuah studi menarik diadakan di University of New Mexico dengan melibatkan 400 siswa untuk mengikuti tes kemampuan dalam mendiskusikan topik tertentu. Setelah lulus tes, siswa diminta memberikan keterangan gambar pada kartun.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa 86% siswa yang lebih cerdas, cenderung  mendapat nilai tertinggi pada tes tersebut dan mereka mampu memilih teks/keterangan lucu untuk gambar-gambar yang diujikan. Belakangan, penelitian yang sama dilakukan pada para pelawak/komedian dan semuanya mendapat hasil nilai yang tinggi pada tes kecerdasan verbal.

Menurut para ilmuwan, humor memengaruhi kemampuan intelektual, menjaga otak dan sistem saraf agar selalu dalam kondisi yang baik, dan membuat kita lebih pintar.

  1. Night Owl

Kamu suka bekerja malam? Kamu lebih aktif di malam hari daripada di siang hari? Wah, jika benar kamu seorang night owl, kemungkinan besar tingkat kecerdasan kamu lebih tinggi daripada rata-rata orang lainnya. Para ilmuwan menduga hal ini disebabkan oleh  aktivitas otak yang begitu tinggi sehingga menantang bioritme harian yang teratur.

Hubungan antara kecerdasan anak dan kebiasaan tidur dipelajari pada ribuan anak muda. Mayoritas orang jenius suka bangun lebih siang pada hari kerja dan di akhir pekan. 

  1. Mudah terpengaruh atau mudah terganggu

Jika kamu sering terganggu oleh notifikasi, terganggu saat istirahat minum teh, atau bahkan gampang terganggu selama percakapan, kamu mungkin lebih pintar dari yang orang lain.

Menurut sebuah penelitian baru, semakin sulit seseorang untuk tetap berkonsentrasi, maka justru semakin pintar orang tersebut. Para ilmuwan menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh fakta bahwa orang cenderung sulit untuk mengontrol aktivitas otak tingkat tinggi.

  1. Menyadari bahwa masih ada banyak hal yang tidak kamu ketahui di dunia ini

Semakin pintar seseorang, maka dia akan semakin meragukan kemampuan kognitifnya. Dengan kata lain, orang pintar tidak akan takut untuk mengatakan “Saya tidak tahu” atau “Saya tidak mengerti”.  Karena, jika mereka tidak mengetahui sesuatu, mereka akan mencari tahu, akan belajar, dan akan dapat menemukan sesuatu yang baru. 

Itulah mengapa jika kamu selalu memiliki pertanyaan yang muncul di kepala kamu, kamu selalu penasaran akan hal baru, dan kamu tidak takut untuk menanyakannya, kamu mungkin adalah orang yang lebih pintar daripada kebanyakan orang lain di dunia ini. 

Baca Juga :

Cara Tepat dan Jenius untuk Menggunakan Minyak Kelapa di Wwajah Kamu

3 Cara Jenius Minyak Esensial Bisa Meredakan Hidung Buntu dan Batuk

5 Jenius Bra Trik yang Tak Pernah Kamu Bayangkan Sebelumnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,