Jerawat adalah masalah kulit yang bisa jadi bencana bagi banyak orang, tidak hanya wanita tetapi juga pria. Selain menyakitkan, jerawat juga membuat orang tidak percaya diri karena merusak penampilan. Semua orang mencoba berbagai cara untuk bebas dari jerawat, mulai dari perawatan dengan sabun anti jerawat, krim anti jerawat, hingga mungkin mengonsumsi obat anti jerawat.

Sebenarnya apa yang menyebabkan jerawat? Apakah kamu pernah mendengar bahwa stres adalah salah satu penyebab jerawat muncul di wajah kamu? Ternyata tidak hanya siklus menstruasi saja yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Ketika orang mengalami stres atau tekanan, jerawat juga cenderung muncul di wajah. Apa sebenarnya yang terjadi dalam tubuhmu? Bagaimana cara menanggulangi jerawat yang timbul akibat stres?

Kulit Adalah Organ Terbesar Pada Tubuh Manusia

Tahukah kamu, bahwa kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia? Ketika ada maslah di dalam tubuh kamu, entah itu masalah medis atau masalah psikologis, maka kulit kamu juga akan terpengaruh.

Seseorang yang mengalami masalah kulit (jerawat) akibat stres dapat membebaskan wajahnya dari jerawat dengan mempraktikkan berbagai kegiatan yang membuatnya bahagia. Self love dan self care sangat penting dalam menanggulangi jerawat. Kamu bisa menulis jurnal untuk mencurahkan isi hatimu, atau mulai melakukan olahraga yang kamu sukai, berbincang dengan teman-teman dan keluarga yang kamu sayangi, dan luangkan waktu untuk memanjakan dirimu, entah itu dengan perawatan tubuh, menonton series atau mendengarkan musik sambil menikmati secangkir teh/kopi favorit kamu.

Bagi sebagian orang, memiliki jerawat pada wajah bisa jadi sangat menyebalkan dan membuat pereka tertekan secara psikologis. Maka cara-cara tersebut dapat membantu. Tidak hanya untuk menenangkan diri secara psikis, tetapi juga membuat kulit rileks dan tentunya jerawat sedikit demi sedikit menghilang.

Kulit Adalah Cerminan Dari Keadaan Tubuh Kita, Entah Itu Kondisi Fisik Maupun Kondisi Emosional.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ketika orang-orang berada di bawah tekanan psikologis, mengalami luka batin, atau kata sederhananya adalah stres, hal ini akan sangat mempengaruhi kulit. Tahukah kamu, selain sebagai organ terbesar, kulit juga menjadi cermin atas kondisi kita, baik itu kondisi fisik maupun kondisi psikis (emosional).

Tentu saja seseorang tetap memerlukan perawatan kulit yang baik untuk mengatasi jerawat, tapi kondisi psikis tidak boleh sampai dilupakan. Setelah jerawat mulai mereda, berbagai rutinitas yang sudah kamu lakukan untuk membahagiakan diri kamu tidak boleh dihentikan. Lakukanlah hal-hal yang membuatmu bahagia, kamu bisa jogging atau melakukan olahraga lainnya. Kamu juga bisa mulai bermeditasi untuk mensyukuri anugerah yang kamu terima setiap hari. Tidak lupa, kamu juga perlu menjaga asupan makanan. Berikan nutrisi pada tubuh kamu dengan mengonsumsi makanan sehat yang bebas pengawet dan rendah lemak. Kamu bisa memakan salad, yogurt rendah lemak, buah-buahan, dsb.

Ketika kondisi dalam tubuh kamu membaik, kulit kamu akan dengan sendirinya merepresentasikan kondisi tubuh kamu. Kulit kamu akan mulai pulih dan membaik ketika kondisi fisik dan emosional kamu juga baik.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/hilangkan-stress-pada-kulit-dan-tubuh-melalui-5-trik-manjakan-diri-dengan-spa-di-rumah/

https://www.tampilcantik.com/inilah-faktor-penyebab-kulit-stres-atau-skin-stressors/

https://www.tampilcantik.com/jamur-yang-sering-menyerang-kulit/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Nail Art Ideas untuk Kamu yang Ingin Tampil Cantik dan Elegan

Gaya manikur atau yang akrab disebut Nail Art