Di dunia ini hanya ada empat warna paspor utama, yaitu wanra merah, hijau, biru dan hitam. Nah, setiap negara memiliki alasan tersendiri tentang pemilihan warna paspor mereka. Untuk memperbaharui informasi kamu seputar dunia ini, maka berikut adalah daftar warna utama paspor di dunia dan alasan mengapa warna tersebut dipilih oleh negara pemiliknya :

Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia, Ini Alasan Negara Memilihnya - Global  Liputan6.com
  1. Merah

Warna merah adalah warna paling umum untuk paspor. Sampul warna merah sering dipilih oleh negara-negara dengan sistem komunis historis. Negara seperti Slovenia, Cina, Serbia, Rusia, Latvia, Rumania, Polandia, dan Georgia memiliki paspor dengan sampul warna merah. 

Negara-negara anggota Uni Eropa, kecuali negara Kroasia, juga menggunakan paspor berwarna red wine dan corak merah lainnya. Negara-negara yang tertarik untuk bergabung dengan Uni Eropa, seperti Turki, Makedonia, dan Albania, beberapa tahun lalu pun mengubah warna sampul paspornya menjadi warna merah. Komunitas Bangsa Andes-Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru juga memiliki paspor dengan sampul berwarna red wine. 

  1. Hijau

Negara Indonesia adalah satu dari puluhan negara yang menggunakan warna hijau untuk sampul paspor. Ternyata, sebagian besar negara Muslim memang memiliki paspor hijau. Contoh, negara Maroko, Arab Saudi, dan Pakistan juga menggunakan sampul paspor dengan warna hijau. Warna hijau dianggap sebagai warna favorit Nabi Muhammad, dan merupakan simbol dari alam dan kehidupan. Itulah mengapa banyak negara Muslim memilih warna hijau.

Warga dari beberapa negara Afrika Barat – misalnya, Burkina Faso, Nigeria, Pantai Gading dan Senegal juga memiliki paspor dengan berbagai corak warna hijau. Dalam kasus mereka, warna hijau dipilih karena menunjukkan bahwa mereka adalah anggota ECOWAS (Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat).

  1. Biru

Warna biru adalah warna paling umum setelah merah, yang dipilih sebagai warna sampul paspor. Sampul paspor dengan warna biru melambangkan sebuah dunia baru. 15 negara Karibia memiliki paspor dengan biru. Di dalam blok negara Amerika Selatan, sampul paspor biru pun dipilih untuk melambangkan hubungan dengan Mercosur (serikat buruh). 

Negara-negara lain yang memilih sampul biru untuk paspor antara lain Brasil, Argentina, dan Paraguay. Venezuela adalah negara pengecualian di sini. Sebenarnya Venezuela juga milik serikat buruh, tetapi warganya memiliki paspor dengan sampul berwarna merah. 

Ada sebuah fakta menarik tentang Amerika Serikat. Paspor warga Amerika Serikat pernah diubah menjadi biru pada tahun 1976. Namun warna biru untuk paspor Amerika hanya terjadi pada tahun 1976 saja.

  1. Hitam

Paspor paling langka di dunia adalah paspor dengan sampul berwarna hitam. Paspor hitam umumnya dimiliki oleh negara-negara Afrika, seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi, dan negara Afrika lainnnya. Tapi selain negara Afrika, ada pula negara lain yang memiliki paspor hitam, yaitu Selandia Baru. Negara Selandia Baru memilih warna hitam sebagai sampul paspor karena warna hitam warna nasional negara tersebut.

Nah, kini kamu sudah tahu tentang berbagai warna paspor di dunia dan alasannya. Cukup menarik bukan? Sekarang kamu sudah tidak perlu bertanya-tanya dan menerka-nerka lagi mengapa masing-masing negara memiliki warna paspor yang berbeda.

Baca Juga :

Sebuah Tas Birkin Baru Saja Terjual Seharga $300,000 dan Menjadi Rekor Untuk Tas Termahal yang Pernah Ada

Berencana Liburan Ke Pantai? Sebaiknya Kamu Hindari Memakai 6 Hal Berikut Ini

Inspirasi Nail Art Untuk Warnai Liburan Akhir Tahunmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Sederhana Untuk Membaca Bahasa Tubuh Seseorang

Terkadang bagian tubuh kita sekalipun dapat memberikan pesan