Ingatkah kamu kapan terakhir kali kamu melakukan lompat tali?

Mungkin kamu sudah tidak ingat, karena lompat tali lekat dengan mainan anak sekolah. Tapi siapa sangka, ternyata mainan lompat tali bisa membawa manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh kamu, loh. Tidak hanya bisa membakar banyak kalori, tapi ada juga manfaat lain yang tidak banyak orang tahu: 

Manfaat Lompat Tali Bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter
  1. Lompat tali dapat meningkatkan kesehatan tulang

Lompat tali adalah latihan menahan beban atau latihan yang mengharuskan kamu memberi beban pada kerangka kamu. Inilah yang membuat lompat tali bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang kamu.

Peneliti menyebut bahwa lompat tali bisa berdampak lebih besar pada kaum muda, karena lompat tali bisa membantu perkembangan tulang, terutama bagi remaja perempuan. Selama masa pubertas, jika kamu hobi lompat tali, kamu akan mencapai kepadatan tulang puncak yang akan membuat tulang kamu selalu sehat bahkan setelah beranjak dewasa nanti. 

Bahkan, lompat tali juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang wanita pasca menopause. Usia pasca menopause adalah demografi yang paling banyak mengalami osteoporosis, sehingga lompat tali bisa menjadi praktik yang bagus untuk membangun dan mempertahankan kerangka yang kuat.

  1. Lompat tali akan membantu mencegah cedera

Semakin kuat tulang kamu, maka akan semakin sulit untuk patah atau cedera. Orang yang menderita Osteoporosis, misalnya, bisa sangat mudah mengalami patah tulang setelah terjatuh atau bahkan hanya melakukan aktivitas sehari-hari, seperti membungkuk. 

Semakin banyak latihan, seperti latihan lompat tali, maka akan semakin kecil kemungkinan kamu terkena Osteoporosis atau patah tulang akibat kecelakaan ringan. Selain itu, lompat tali juga dapat membantu mencegah cedera pada pergelangan kaki, karena gerakan pada lompat tali dapat memperkuat semua otot yang mendukung pergelangan kaki. 

  1. Lompat tali dapat meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Koordinasi adalah kunci sukses dari lompat tali, khususnya koordinasi antara tangan, kaki, dan mata. Hal ini membuat lompat tali secara berulang dapat meningkatkan koordinasi kamu secara keseluruhan. 

Meski tampak sederhana, tapi sebenarnya lompat tali bukanlah olahraga yang mudah. Kamu harus fokus dan memiliki kesadaran tubuh yang penuh. Selain itu, butuh keseimbangan yang baik untuk melakukannya. 

  1. Lompat tali akan membentuk otot betis 

Lompat tali dapat berfungsi untuk membangun otot betis. Pendaratan saat lompat tali juga akan bermanfaat bagi betis kamu. Karena dengan lompat tali, kamu akan meningkatkan elastisitas tendon dan fasia (yaitu jaringan ikat) yang mengelilingi betis, sehingga membantu mereka menyimpan energi dengan lebih baik.

  1. Lompat tali membakar banyak kalori, cocok untuk diet

Tahukah kamu? Tingkat pembakaran kalori di olahraga lompat tali bisa mencapai angka 667 hingga 990 kalori per jam. Terdapat penelitian yang membenarkan bahwa olahraga lompat tali bisa memberikan efek pembakaran yang lebih baik daripada berlari.

Tentu ini menjadi berita baik untuk kamu yang ingin olahraga tapi malas keluar rumah. Tidak perlu berjalan atau berlari, kamu bisa mengambil tali dan mulai lompat di mana pun. Entah itu di halaman, atau bahkan di kamar kamu.

Baca Juga :

Bagaimana Lompat Tali Bisa Memiliki Manfaat Untuk Wanita

Tidak Hanya Menyenangkan, Ternyata Lompat Tali Juga Menyimpan Segudang Manfaat. Cobain Deh!

5 Alasan Mengapa Lompat Tali Adalah Olahraga Terbaik Untuk Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Menangani Pertanyaan Orang yang Menyebalkan

Ada banyak alasan mengapa beberapa orang mengajukan pertanyaan