Ternyata, susu bisa digunakan di luar dapur, loh! Susu bisa menjadi pilihan untuk melawan herpes mulut atau bahkan membersihkan furnitur dan sepatu kulit kamu! Alternatif penggunaan susu berikut ini mungkin bisa membantu kamu :

  1. Susu untuk menenangkan mata yang teriritasi

Menuangkan dan membilas mata dengan susu mungkin tampak aneh dan bahkan banyak yang berpikir bahaya. Tapi, sebenarnya susu benar-benar dapat menenangkan mata yang teriritasi. 

Ada 2 hal paling umum yang dapat menyengat mata kamu, pertama adalah cabai dan kedua adalah semprotan merica. Keduanya dapat menyebabkan sensasi terbakar, dan sangat menyiksa. Mencucinya dengan air tidak akan membantu tapi justru dapat membuatnya semakin perih. 

Nah, alih-alih mencuci dengan air, gunakanlah susu sebagai gantinya. Pertama, basuh wajah dengan susu, dengan posisi mata tertutup. Selanjutnya, kamu bisa membilas mata dengan susu.

  1. Susu sebagai pupuk

Tahukah kamu? Susu digunakan sebagai pupuk di masa lalu? Ternyata, susu bisa membantu pertumbuhan tanaman dan mencegah kekurangan kalsium serta melawan hama. Jadi susu dapat mencegah tanaman agar tidak sakit. Caranya, tuangkan susu di sekitar pangkal tanaman agar akarnya perlahan menyerap susu, atau letakkan botol berisi susu, balik botol dan tancapkan di tanah. 

Namun, ingat! Kamu tidak boleh mencampurkan susu dengan pupuk lain. Jika bahan kimia pupuk bercampur dengan susu, mereka dapat menangkal manfaat susu.

  1. Meluruskan rambut dengan susu

Menggunakan susu pada rambut tidak hanya akan membantu rambut tumbuh dan membuat rambut berkilau dan lebih kuat, tetapi juga membantu meluruskan rambut. Kamu hanya membutuhkan sisir, botol semprot, dan 1/3 cangkir susu.

Setelah kamu mengisi botol semprot dengan susu, mulailah menyemprot, memijat, dan menyisir rambut kamu. Beri waktu agar rambut dapat menyerap susu lalu bilas agar tidak berbau. Perawatan ini bisa bekerja pada rambut bergelombang, tetapi tidak bisa bekerja pada rambut keriting.

  1. Membuat cat dengan susu

Susu merupakan bahan utama pembuatan cat karena berfungsi sebagai pengikat pigmen. Faktanya, cat susu digunakan di era Mesir kuno. Bahan lain yang kamu butuhkan untuk membuat cat jenis ini adalah lemon, saringan, kain katun tipis, dan cat akrilik atau pigmen kering. Pastikan kamu menerapkannya dengan cepat agar tidak rusak. Bau asam dari dinding setelah dicat dengan cat susu, akan hilang setelah mengering.

  1. Gunakan susu untuk menghilangkan make up

Susu tidak hanya baik untuk rambut kita, tapi juga untuk kulit kita. Jadi, daripada menggunakan produk kimia untuk menghilangkan make up, lebih baik kamu  gunakan susu. Caranya mudah. Cukup oleskan sedikit susu ke wajah kamu lalu bersihkan dengan kapas.  Protein dan lemak dalam susu dapat membantu kulit kamu tetap terhidrasi dan tetap lembab.

  1. Susu untuk mengurangi iritasi kulit akibat gigitan serangga

Protein dalam susu akan membantu menenangkan kulit setelah digigit nyamuk. Kamu bisa mencampurkan susu dengan air, lalu rendam sapu tangan di dalam campuran susu, kemudian oleskan sapu tangan ke kulit yang meradang. Campuran susu ini juga bisa digunakan untuk merawat kulit yang terbakar akibat sinar matahari. 

  1. Susu untuk membersihkan produk dari kulit

Jika kamu memiliki produk dari kulit, entah itu tas, sofa, sepatu, atau apa pun, maka susu dapat membantu kamu menghilangkan noda dan lecet di produk tersebut. Susu menjadi produk pembersih yang baik karena murah dan mampu menghilangkan minyak alami pada produk kulit. Namun, setelah kamu menyeka noda, pastikan kamu membersihkan area tersebut dengan kain yang berbeda untuk menghilangkan noda susu dan menghindari bau busuk. 

Baca Juga :

Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai Selain Untuk di Konsumsi

Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan Kulit

10 Manfaat Susu Kambing Etawa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Celine Dion, Tetap Cantik Meski Usia Sudah 50-an

Tentu kamu mengenal Celine Dion bukan? Seorang living