Hasil gambar untuk makan pisang

Apakah kamu tahu cara meningkatkan kalium dalam tubuh? Mineral ini memainkan peran kunci dalam kesehatan secara keseluruhan, tetapi kamu mungkin tidak mendapatkan cukup dari makanan.

Kalium membantu dalam menjaga keseimbangan cairan, dan menjaga otak, saraf, jantung dan otot berfungsi normal. Potasium dalam diet kamu juga dapat menurunkan tekanan darah, karena tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk stroke dan penyakit jantung. Itu juga dapat mengekang tingkat tekanan darah tinggi dengan berkontribusi pada arteri yang lebih fleksibel, dan dengan membantu tubuh untuk menyingkirkan kelebihan natrium.

Terlepas dari ini, potasium dapat meningkatkan kekuatan tulang dengan membantu menjaga terhadap kehilangan tulang dan juga dengan mengurangi risiko batu ginjal. Penting untuk makan cukup kalium setiap hari untuk membantu mencegah kondisi kronis tertentu juga. Karena, potasium rendah dapat membahayakan kesehatan kamu dengan banyak cara

Berapa Banyak Kalium untuk Dikonsumsi  Dalam Sehari?

Para ahli menyarankan 4700 miligram makanan potasium untuk diminum per hari untuk orang dewasa sebagai bagian dari diet seimbang. Berikut ini daftar berapa banyak miligram potasium yang akan kamu dapatkan dari makanan kaya kalium ini.

  • Ubi jalar sedang dipanggang dengan kulit memiliki 694 mg.
  • 1 cangkir labu matang dimasak memiliki 896 mg.
  • Kentang Medium dipanggang dengan kulit memiliki 610 mg.
  • 1 cangkir yogurt bebas lemak memiliki 579 mg.
  • 1 cangkir brokoli yang dimasak memiliki 457 mg.
  • 1 pisang sedang memiliki 422 mg.
  • Setengah cangkir lentil yang dimasak memiliki 366 mg.
  • Pistachio panggang kering memiliki 295 mg.
  • Kismis memiliki 250 mg.
  • 3 ons dada ayam yang dimasak memiliki 218 mg.

Cara Menambah Kalium Dalam Tubuh?

  1. Minum Minuman Elektrolit

Jika kamu sedang menjalani aktivitas fisik apa pun, seperti olahraga berat atau beberapa jam kerja di luar ruangan, cara cepat untuk menaikkan kadar potassium kamu  adalah dengan minum minuman elektrolit. Contoh minuman elektrolit adalah air garam, air kelapa, jus jeruk, minuman cranberry, minuman jahe, jus semangka, garam dan air gula, smoothie stroberi, minuman biji chia, dan minuman mentimun.

  1. Makan Pisang

Kram otot adalah hal yang umum dan merupakan gejala kadar kalium rendah dalam tubuh. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 422 miligram potasium, jadi makanlah pisang setiap hari untuk mencegah kram otot. Namun, untuk menjaga kadar normal kalium dalam tubuh tetap stabil, pertimbangkan untuk meningkatkan konsumsi buah harian kamu dengan satu hingga dua porsi.

  1. Makan Salad Hijau

Bagaimana meningkatkan kalium dalam tubuh? Makan salad hijau dua kali sehari. Salad yang mengandung selada, tomat, bayam, dan mentimun adalah yang kaya potasium. Sayuran ini mengandung 100 hingga 190 miligram potasium, tomat dan wortel menjadi yang tertinggi dalam potasium. Jadi, mulailah mengonsumsi salad setiap hari untuk meningkatkan kandungan kalium dalam tubuh.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang