Kamu mengalami insomnia?

Kamu sulit tidur atau tidak bisa tidur dengan nyenyak karena cemas?

Mungkin saja kamu mengalami hal ini karena berbagai pemberitaan dan informasi tentang pandemi Virus Corona yang setiap hari datang bertubi-tubi. Indonesia dan seluruh negara di dunia sedang berjuang melawan penyebaran Virus Corona dan berjuang menemukan penangkalnya. Sementara itu, kamu tidak perlu merasa panik berlebihan karena banyak yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya.

Tapi bagaimana jika kamu terlanjur insomnia dan sulit untuk tidur nyenyak? Tenang, hanya dalam beberapa menit yoga, kamu dapat mengatur tidur yang lebih sehat. Aliran darah yang lancar akan membantu kamu tidur nyenyak, sehingga kamu bisa bangun dengan segar dan siap untuk menyambut hari.

Lakukan seri latihan yoga dari instruktur yoga dan terapis pijat Amanda Kerpius, yang terinspirasi oleh Healing Yoga (oleh Loren Fishman, MD) selama 30 menit sebelum tidur untuk membantu menenangkan sistem saraf kamu.

  • Seated Bound Angle Fold
Image result for yoga Seated Bound Angle Fold

Duduklah di lantai, lalu satukan kedua telapak kaki dan biarkan lutut kamu jatuh ke samping. Ambil napas dalam-dalam dan angkat dada kamu, lalu buang napas saat kamu melipat kaki, kamu bisa rentangkan tangan ke depan jika kamu merasa nyaman dengan itu. Tahan posisi ini selama 2 – 3 menit. Lakukan pose head-down, seperti ini bisa meredakan kecemasan dan membantu kamu lebih rileks untuk kualitas tidur yang lebih baik.

  • Happy Baby

Baringkan tubuh kamu secara telungkup di lantai, lalu angkat kaki dan tekuk lutut kamu ke arah ketiak. Ambil ujung luar kaki dengan tangan, dengan telapak kaki menghadap ke langit-langit, lalu lemaskan punggung ke lantai. Ambil napas dalam-dalam, rasakan punggung kamu mengembang di lantai. Tahan posisi ini selama 1 – 2 menit. Postur yang terinspirasi dari bayi ini mampu melepaskan ketegangan di area punggung bawah kamu.

  • Supine Bound Angle
Image result for yoga Supine Bound Angle

Kamu merasakan stres dan tegang di area pinggul? Pose Supine Bound Angle  ini akan membantu kamu melepaskan sakitnya. Berbaringlah dengan telungkup di lantai, tekuk lutut kamu dan satukan telapak kaki kamu sehingga lutut jatuh ke samping dan ujung luar kaki tetap di lantai. (Tempatkan bantal di bawah masing-masing paha jika kamu membutuhkan dukungan atau merasa kesulitan) Istirahatkan lengan di samping, dengan telapak tangan menghadap langit-langit. Tahan posisi ini selama 3 – 4 menit.

  • Supine Twist
Image result for yoga Supine Twist

Berbaringlah dengan telungkup di lantai dan angkat lutut kamu ke arah dada. Turunkan kedua lutut dengan perlahan ke sisi kanan tubuh kamu dan rentangkan lengan kiri ke kiri, pertahankan kedua bahu di lantai (tambahkan bantal di bawah bahu kiri jika perlu). Tahan posisi ini selama 1 – 2 menit. Kembalikan posisi pada semula untuk memulai lagi dengan mengulanginya di sisi lain.

Itulah 4 gerakan yoga yang mudah ditirukan dan bisa kamu lakukan di rumah. Jika kamu mengalami insomnia yang sulit disembuhkan, alih-alih cemas dan mengonsumsi obat penenang, lebih baik kamu mencoba beberapa gerakan yoga di atas untuk membantumu tidur nyenyak.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/susah-tidur-ini-3-teh-herbal-terbaik-yang-dijamin-akan-membuat-kamu-tidur-nyenyak/

http://www.tampilcantik.com/susah-tidur-ini-cara-cara-agar-kamu-lebih-mudah-tidur-nyenyak-menurut-sains/

http://www.tampilcantik.com/tidak-bisa-tidur-nyenyak-bisa-jadi-karena-ini-nih-alasannya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Bukti Bahwa Kekerasan Verbal yang Setara dengan Pelecehan Fisik

Sekitar 50% pria dan wanita pernah mengalami perilaku