Vagina, tentu saja, bukan sesuatu yang kotor dan vagina itu baik. Apa yang tidak baik? Tisu, semprotan, sabun bahkan parfum yang mencoba meyakinkan kamu bahwa vagina kamu “bau” dan “kotor”.

Tahukah kamu bahwa vaginamu adalah satu-satunya bagian dari tubuhmu yang dapat membersihkan diri sendiri? Vagina mampu tumbuh subur secara mandiri dan membersihkan diri. Meski demikian, bukan berarti kamu tidak perlu menjaga kebersihan Vagina. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memastikan vagina kamu segar dan sehat. Berikut tipsnya :

  • Penetrasi Anal ke Penetrasi Vagina

Dubur kamu mengandung bakteri yang sangat berbeda dari bagian tubuh kamu yang lain. Bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan seperti infeksi jamur, ISK, dll.  Jangan pernah beralih dari penetrasi anal — baik melalui penis, lidah, jari, atau mainan — ke penetrasi vagina. Karena bakteri dari dubur dapat menyebar ke vagina kamu.

  • Cuci tangan sebelum berhubungan seks

Tentu saja kamu harus mencuci tangan setiap saat, tetapi kamu dan pasangan perlu mencuci tangan terutama sebelum berhubungan seks. Jari-jari kamu bisa jadi telah menjangkau segala tempat dan kamu tidak tahu bakteri apa saja yang ada di jari-jari tangan kamu. Maka, pastikan cuci tangan sebelum berhubungan seks.

  • Ganti celana dalam di malam hari

Salah satu hal termudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan vagina kamu adalah mengganti pakaian dalam sebelum tidur. Pakaian dalam, (tidak peduli seberapa mahal dan bagus pakaian dalam itu) dapat menangkap kelembapan pada kulit, yang membuat vagina kamu sedikit lebih rentan pada jamur dan pertumbuhan bakteri. Gunakan pakaian dalam yang longgar saat tidur, atau jika kamu mau dan kamu bisa, tidak usah menggunakan celana dalam sama sekali.

  • Vagina kamu adalah apa yang kamu makan

Pernahkah dokter memberi tahu kamu untuk makan banyak yogurt atau mengonsumsi probiotik saat menggunakan antibiotik? Itu karena tubuh kamu, khususnya vagina, membutuhkan bakteri baik di dalamnya untuk tetap sehat dan siap menangkal infeksi. Makanan fermentasi dengan kandungan probiotik yang tinggi, seperti yogurt atau kimchi, dapat membantu mencegah infeksi jamur dan menjaga keseimbangan bioma vagina kamu.

  • Jangan lupa mengganti pembalut / tampon

Aturan umum adalah mengganti pembalut atau tampon setiap empat hingga delapan jam. Pastikan kamu mengganti pembalut sebelum dan sesudah tidur malam, ya.

  • Vagina Berbeda dari Vulva

Vulva adalah apa yang dapat kamu lihat dengan bola mata ketika kamu melihat ke bawah, ke area kemaluan kamu. Ini istilah untuk bagian luar anatomi wanita. Ini termasuk labia majora, labia minora dan ujung klitoris. Satu-satunya bagian vagina yang bisa kamu lihat dari luar tubuh kamu adalah lubangnya. Sisanya adalah sebuah tabung yang menghubungkan vulva ke serviks dan uterus. Jadi, pahami bahwa keduanya merupakan bagian yang berbeda.

  • Bersihkan vulva kamu seperti bagian tubuh lainnya

Vulva kamu tertutup kulit normal dan dapat dibersihkan dengan cara yang sama seperti kamu membersihkan seluruh tubuh kamu. Tentu kamu harus membersihkan vulva dengan sedikit lebih hati-hati, jangan menggosok terlalu keras. Karena jika sabun naik ke vagina kamu, kamu bisa mengalami iritasi atau infeksi.

  • Vagina bisa membersihkan diri sendiri

Vagina memiliki pH alami rendah yang menghambat pertumbuhan organisme luar dan mempertahankan atmosfer bersih dengan cukup baik. Jadi benar-benar tidak perlu mendorong sabun hingga ke vagina untuk membersihkannya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ketahui-perubahan-vagina-usai-melahirkan-serta-cara-mengatasinya/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-kanker-vagina-lebih-dalam-waspada-ya-ladies/

http://www.tampilcantik.com/gatal-pada-vagina-cari-tahu-cara-mengatasinya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang