Tidak semua orang memiliki kenangan masa kecil yang menyenangkan. Tumbuh dan dibesarkan dengan pengalaman yang menyakitkan (trauma) tentu akan meninggalkan kenangan yang menyakitkan. Hal itu bisa berupa pelecehan, bullying, masalah keluarga, dll. Kenangan mengerikan ini bisa jadi akan melukai kamu seumur hidup, meskipun sebenarnya tidak harus begitu.

Memulihkan diri dari kenangan masa kecil yang menyakitkan akan sulit, tapi itu bukan berarti mustahil.  Pemulihan ini mungkin perlu beberapa waktu, karena dalam proses ini kamu akan menempuh perjalanan menemukan diri yang baru dan meninggalkan luka di masa lalu. Hukum Ketertarikan menyatakan bahwa ketika kamu fokus pada hal-hal positif, kamu akan lebih banyak memanifestasikannya. Hal yang sama juga berlaku untuk hal-hal negatif.

Berikut adalah cara paling efektif untuk membantu kamu mengatasi luka masa kecil yang menyakitkan :

  • Biarkan diri kamu dekat dengan orang lain

Trauma masa kecil kamu mungkin akan membuatmu merasa sulit untuk dekat dengan orang lain. Jadi, untuk mengatasi ini, kamu harus membiarkan diri kamu dekat dengan orang lain dan biarkan mereka melihat diri kamu apa adanya, termasuk luka-luka masa lalumu yang paling menyakitkan sekalipun. Menjadi diri sendiri adalah cara tercepat untuk menghilangkan rasa malu dan juga akan mengingatkan kamu bahwa ada orang yang mencintai kamu apa adanya.

  • Jaga kesehatan fisik dan mental kamu

Ketika kamu mengalami trauma masa kecil, secara tidak sadar kamu merasa tidak layak mendapatkan perawatan atau secara diam-diam kamu mengalami penolakan diri. Apa pun yang kamu yakini, kamu harus selalu perlakukan diri kamu seperti halnya kamu memperlakukan orang terpenting dalam hidupmu. Jaga kesehatan kamu dengan dengan makan makanan bergizi, olahraga dan tidur yang cukup. Untuk kesehatan mental yang baik, kamu perlu meluangkan waktu untuk melepaskan emosi (refreshing).

  • Tinggalkan rasa takut

Pada proses ini, kamu perlu melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang kamu lakukan ketika dirimu diliputi rasa takut. Misalnya, jika kamu pemarah, ambil napas dalam-dalam dan mulai sekarang bertindak dengan belas kasih. Jika kamu selalu melakukan segala sesuatu seorang diri, kali ini biarkan orang lain membantu kamu. Jangan takut untuk meminta bantuan jika kamu sedang kesulitan. Proses ini memungkinkan kamu untuk tumbuh dan bertransformasi.

  • Belajar menerima dan melepaskan

Menerima trauma adalah tentang bagaimana kamu menghadapinya. Kamu memiliki dua pilihan, pertama kamu membiarkan traumamu mengendalikan hidup kamu, kedua, kamu menyadari keberadaan trauma itu tapi kamu tidak akan membiarkannya memegang kendali atas hidupmu. Melepaskan trauma tidak berarti trauma itu sepenuhnya menghilang. Melepas trauma berarti kamu tidak mengizinkan kenangan buruk di masa lalu menghalangimu untuk mendapatkan kehidupan yang baik hari ini.  

  • Bersikap baiklah terhadap dirimu sendiri

Ketika kamu memiliki masa kecil yang sulit, kamu mungkin merasa hidup dan kebiasaan kamu benar-benar di luar kendali. Dibutuhkan banyak waktu untuk melepaskan perasaan menyayat yang membekas dalam hatimu. Jadi, bersabarlah dengan diri kamu sendiri dan hargai proses yang kamu jalani hingga detik ini. Akan ada banyak kesempatan untuk merasakan kebahagiaan di masa depan. Kebahagiaan dalam kehidupan baru akan membantu kamu memenangkan perang atas misi penyembuhan dari trauma masa kecil.

Hidup ini terlalu singkat untuk terus menerus menderita. Jadi, tenangkan dirimu dan lepaskan beban berat yang mengganggu hidupmu!  

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/diselingkuhi-memang-traumatis-ini-langkah-langkah-terbaik-buat-menyembuhkan-diri-dan-move/

http://www.tampilcantik.com/7-hal-yang-sebaiknya-tidak-dikatakan-kepada-anak-anak/

http://www.tampilcantik.com/5-hal-yang-perlu-diketahui-setiap-wanita-tentang-kehidupan-setelah-bercerai/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Sering Mimpi Buruk di Tengah Pandemi COVID-19

Banyak sekali hal luar biasa yang terjadi di