Terlepas dari sudah banyaknya artikel yang membahas tentang pencegahan penularan COVID-19, masih ada saja yang masih belum peka dan menolak anjuran dari pemerintah setempat untuk melakukan social distancing.

Cara melindungi diri dari wabah Virus Corona adalah dengan tetap update informasi terbaru tentang wabah COVID-19, yang juga tersedia di situs web resmi World Health Organisation (WHO)  dan juga informasi resmi dari otoritas kesehatan publik lokal dan nasional. Hingga saat ini, kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami penyakit ringan hingga sedang, kemudian bisa segera sembuh, tetapi virus ini bisa saja lebih parah jika diderita oleh orang lain yang mengalami masalah kesehatan.

Jaga kesehatan kamu dan lindungi orang lain dengan lakukan hal berikut

  • Cuci Tangan Sesering Mungkin
Image result for cuci tangan

Bersihkan tangan kamu secara teratur dan menyeluruh dengan hand sanitizer atau cuci dengan sabun dan air.

Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan kamu.

  • Pertahankan Jarak Sosial
Image result for social distancing

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara kamu dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Mengapa? Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika kamu terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19.

  • Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut
Image result for Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Mengapa kamu harus melakukannya? Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus sangat mungkin menempel di tangan. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut kamu. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh kamu dan bisa membuat kamu sakit. Jadi jangan lupa untuk selalu cuci tangan dan hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

  • Perhatikan Etika Saat Batuk atau Bersin
Image result for Perhatikan Etika Saat Batuk atau Bersin

Pastikan kamu dan orang-orang di sekitar kamu, mengikuti lengkah menjaga kebersihan pernapasan yang baik. Ini artinya, kamu wajib menutupi mulut dan hidung kamu dengan siku atau dengan tisu saat kamu batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas. Kamu juga wajib menggunakan masker jika kamu sedang batuk, flu dan mengalami gejala virus lainnya.

Mengapa? Tetesan dari bersin dan batuk dapat menyebarkan virus. Dengan mengikuti langkah kebersihan pernafasan yang baik, kamu akan melindungi orang-orang di sekitar kamu dari virus seperti flu dan COVID-19.

  • Jika kamu mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah cari perawatan medis

Tetaplah di rumah jika kamu merasa tidak sehat. Tapi jika kamu mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. Carilah informasi tentang nomor telepon tanggap Covid-19 dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat.

Mengapa? Otoritas nasional dan lokal memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah kamu. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan kamu dengan cepat mengarahkan kamu ke fasilitas kesehatan yang tepat pula. Ini juga akan melindungi kamu dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

  • Tetap Update Informasi dan Ikuti Saran dari Penyedia Layanan Kesehatan Setempat

Sebaiknya kamu selalu mengikuti perkembangan terbaru tentang COVID-19 di daerahmu. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan setempat, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.

Mengapa? Otoritas kesehatan nasional memiliki informasi terbaru tentang penyebaran COVID-19 di daerah kamu. Mereka adalah pihak yang paling tepat dalam memberi nasihat tentang apa yang harus dilakukan warga di daerah kamu untuk melindungi diri dari virus.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tanya-jawab-seputar-virus-corona-covid-19-dari-world-health-organisation-who/

http://www.tampilcantik.com/covid-19-8-cara-mengisolasi-diri-saat-diperlukan/

http://www.tampilcantik.com/virus-corona-covid-19-vs-influenza-flu-apa-bedanya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Trik Mengungkapkan Opini Secara Persuasif Untuk Di Rumah Maupun Di Kantor

Di dunia ini ada orang-orang yang pandai berbicara