Siapa sih yang tidak kesal ketika warna rambut – yang sudah pasti bgitu bagus – harus pudar hanya dalam beberapa minggu saja? Rupanya ada beberapa kebiasaan yang membuat warna rambut memudar lebih  cepat  dari yang seharusnya. Sayangnya, kebiasan-kebiasaan ini rasanya sering sekali dilakukan, yang bahkan seakan sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Duh, bagaimana dong?

Jangan panik dulu! Dibawah ini adalah 6 kebiasaan yang tak disadari bisa memudarkan warna rambut. Dibawah ini ya daftarnya!

1. Terlalu banyak styling

Memiliki rambut indah, dengan warna yang cerah dan cantik memang mau tak mau membuat kamu ingin terus mengaturnya. Tak apa-apa sih, bila tidak menggunakan alat-alat styling yang menggunakan panas. Rupanya, menggunakan alat-alat perawatan rambut seperti catokan, pengeriting rambut, atau bahkan pengering bisa membuat warna rambut lebih cepat memudar.

2. Mencuci rambut

Loh? Rupanya kebiasaan mencuci rambut yang salah juga bisa membuat warna rambut lebih cepat memudar. Mencuci rambut yang terlalu sering, hingga menggunakan produk-produk dengan bahan kimia yang keras dan tak cocok untuk keadaan rambut juga menjadi faktor lain.

Para penata rambut terkenal biasanya menganjurkan untuk tak mencuci rambut, terutama rambut yang diwarnai lebih dari 3 kali seminggu. Selain itu menggunakan shampo dan kondisioner dengan kandungan bahan alami pun dianjurkan. Selain itu, mencuci rambut dengan air panas pun bisa mempercepat proses pudarnya warna rambut.

3. Tak menggunakan kondisioner sebelum berenang

Memiliki rambut diwarnai sekaligus hobi berenang memang seakan jadi buah simalakama. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan bahan kimia klorin di kolam renang bisa dengan cepat merusak rambut. Terutama rambut yang diwarnai. Karena itu para ahli menganjurkan untuk menggunakan kondisioner khusus sebelum berenang.

Selain tentu juga menggunakan swimming cap yang bisa menjaga rambut dari kontak langsung dengan air kolam renang.

4. Masker Rambut!

Dari sekian banyak perawatan untuk rambut, masker rambut tentu sudah bukan hal yang aneh lagi. Masker rambut dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Tapi, tahu tidak bila menggunakan masker untuk rambut yang diwarnai juga bisa menjaga warnanya? Asal, gunakan produk yang tepat ya!

5. Tak mengugunakan sunscreen untuk hair

Tak menggunakan sunscreen atau pelindung matahari menjadi satu kebiasaan fatal untuk rambut yang diwarnai. Panas matahari bisa membuat warna rambut lebih cepat memudar. Selain juga membuat rambut rusak, yang lagi-lagi, membuat warna nampak kusam.

Selain sunscreen, yang wajib digunakan bila hendak menghabiskan waktu dibawah panas matahari adalah menggunakan produk leave in conditioner. Kedua produk tersebut bisa melindungi batang rambut dari terpaan panas matahari.

6. Produk berbahan alkohol

Produk-produk perawatan rambut dengan bahan alkohol bukan hanya wajib dihindari untuk rambut yang diwarnai. Produk seperti ini biasanya memberi efek yang melembutkan pada rambut, tapi ini hanya sementara sebelum akhirnya produk menjadikan rambut lebih kering. Selain tentu saja membuat warna rambut memudar.

Jadi, sudah siap meninggalkan 6 kebiasaan diatas demi warna rambut yang tahan lama?

Baca juga Tidak Perlu Bingung Atau Sedih Jika Kamu Salah Mengecat Rambut. Atasi Saja Dengan Menggunakan Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Dia Vitamin & Mineral yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Rambut Tebal

Rambut yang indah merupakan tanda tubuh yang sehat. Bagaimana