Tahukah kamu, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat kamu menstruasi. Mungkin kamu pernah mendengar banyak rumor dan mitos tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari saat kamu sedang menstruasi :

  • Makan Makanan Asin

Meskipun kamu mungkin memiliki keinginan yang begitu besar untuk makan kentang goreng, mengunyah makanan ringan yang asin benar-benar dapat membuat gejala haid kamu lebih buruk. Makanan asin berkontribusi pada retensi kembung / air yang dirasakan wanita saat menstruasi. Makan makanan asin juga bisa memperburuk kram.

  • Berhubungan Seks Tanpa Pelindung

Melakukan hubungan seks tanpa kondom (pelindung) adalah ide yang sangat buruk ketika kamu mengalami menstruasi. Darah adalah media yang ideal untuk penyebaran virus dan bakteri. Oleh karena itu, penularan penyakit seperti HIV bisa lebih tinggi selama periode waktu ini. Selain itu, leher rahim sedikit melebar (alias terbuka) ketika kamu mengalami menstruasi, yang membuat bakteri dan virus lebih mudah berpindah. Di sisi lain, di saat menstruasi kamu tidak terlindungi dari risiko. Untuk wanita dengan periode menstruasi yang tidak teratur, ovulasi dan perdarahan dapat terjadi pada saat yang sama. Artinya kamu bisa hamil jika kamu melakukan hubungan seks tanpa kondom.

  • Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Susu

Kamu mungkin sangat menginginkan semangkuk pasta dengan krim keju yang melimpah. Tetapi, sebaiknya kamu menunda sampai kamu selesai menstruasi. Produk yang mengandung banyak susu, bukan ide yang baik selama haid. Makanan yang mengandung banyak susu, yang kamu konsumsi selama masa menstruasi, sangat berpengaruh pada kesehatan, terutama untuk kram dan iritasi usus. Tambahkan produk susu seperti menambahkan garam di atas luka. Jadi, demi kesehatan, hindarilah mengonsumsi produk susu saat haid.

  • Mengenakan Pembalut yang Sama Lebih Dari 4 Jam

Sangat mudah untuk terjebak dalam kegiatan sehari-hari, terlebih saat kamu sedang sangat sibuk dengan pekerjaan. Tetapi, jangan pernah mengabaikan pembalut. Kamu harus mengganti tampon / pembalut kamu setiap 3 hingga 4 jam untuk menghindari bau yang tidak sedap serta menghindari penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, kamu juga pastinya tidak ingin darah menstruasi bocor sampai ke celana, bukan?

  • Begadang

Tidur sangat penting selama periode menstruasi kamu. Begadang dapat meningkatkan hormon stres kortisol. Ini dapat menyebabkan kondisi hormon yang tidak seimbang sehingga berdampak pada tingkat keparahan menstruasi kamu.

  • Minum Banyak Kopi

Bagi kamu pencinta kopi, tidak ada hal yang bisa menyempurnakan harimu seperti halnya secangkir kopi. Tapi, saat masa menstruasi, mungkin akan lebih baik jika kamu melewatkan kopi untuk sementara waktu. Kafein dapat memperburuk kram dan kembung yang kamu rasakan.

  • Banyak Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok itu buruk untuk kamu, tetapi selain risiko kesehatannya, itu juga dapat membuat menstruasi kamu jauh lebih buruk. Sebuah studi dari jurnal Tobacco Control menemukan bahwa perokok lebih cenderung mengalami periode menyakitkan selama masa menstruasi.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/mual-saat-menstruasi-bisa-diatasi-dengan-cara-ini-ladies/

http://www.tampilcantik.com/bingung-membedakan-darah-menstruasi-dan-flek-awal-kehamilan-begini-caranya/

http://www.tampilcantik.com/percaya-mitos-tentang-menstruasi-cek-faktanya-dulu-yuk/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Snake diet : Rencana Puasa Ekstrem untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu pernah mendengar tentang snake diet? Tahukah