Kuku pecah-pecah adalah masalah yang cukup umum dan bisa disebabkan oleh kekeringan, kelembaban yang berlebihan, penggunaan penghapus cat kuku yang berlebihan, dan sebagainya. Kabar baiknya adalah ada banyak solusi alami sederhana yang dapat membantu kamu mendapatkan kuku yang cantik dan sehat tanpa perlu ke salon. Berikut adalah bahan-bahan alami dan cara perawatan yang dapat kamu lakukan di rumah :

  • Mentimun

Jika kamu sering mendapati kukumu rapuh, kamu bisa mengatasi masalah tersebut secara alami dengan memanfaatkan mentimun. Mengapa? Karena mentimun tidak hanya kaya akan vitamin A, E, B1, B2, B3, dan C, tetapi mentimun juga mengandung kalsium dan zat besi.

Cara Perawatan :

Cukup rendam kuku kamu dalam ekstrak jus mentimun selama 5 menit.

  • Vicks VapoRub

Tentu kamu sudah tidak asing dengan produk Vics VapoRub. Meskipun salep ini dikenal untuk meredakan batuk dan pilek, salep ini sebenarnya juga bisa manjur bila digunakan untuk menghilangkan jamur di kuku. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine mengklaim bahwa menggunakan Vicks VapoRub dapat menyembuhkan kuku yang rapuh dan melawan jamur.

Cara Perawatan :

Oleskan Vicks VapoRub ke area kuku yang terkena jamur, lakukan sehari sekali.

  • Jus Lemon dan Soda Kue

Tanpa harus ke salon, kamu tetap bisa merawat kuku supaya tetap putih dan bersih, kok. Manfaatkan lemon dan soda kue di rumah dan lakukan perawatan berikut ini :

  • Gosok kuku kamu dengan irisan lemon atau oleskan jus lemon dengan kapas
  • Biarkan selama 10 menit.

Untuk pembersihan lebih mendalam, lakukan cara berikut :

  • Campur jus lemon dengan soda kue hingga membentuk pasta tipis
  • Oleskan pasta, gosok kuku kamu menggunakan sikat gigi.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan biotin

Untuk membuat kuku kamu tumbuh lebih cepat, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin (sejenis vitamin B). Menurut sebuah penelitian, biotin mampu mengubah kuku yang lemah menjadi kuat hanya dalam beberapa minggu. Beberapa makanan yang mengandung vitamin ini adalah kacang, kembang kol, telur yang dimasak, pisang dan jamur. Jadi, mulai sekarang masukkanlah makanan tersebut ke dalam menu harian kamu.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menyehatkan dan melembapkan kuku kamu. Minyak kepala juga dapat menjaga kutikula kuku kamu supaya tetap sehat.

Cara Perawatan :

Ambil beberapa tetes minyak kelapa dan pijat kuku kamu dengna minyak kelapa sampai minyaknya terserap.

  • Cuka sari apel

Untuk merawat kuku yang terinfeksi, kamu bisa rendam kuku kamu dalam larutan yang terbuat dari air dan cuka sari apel (perbandingan campurannya adalah 1:1). Rendam kuku kamu selama sekitar 30 menit atau (untuk pengobatan yang lebih cepat) oleskan cuka sari apel pada kuku yang terinfeksi dengan menggunakan kapas.

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, dan ternyata salah satunya adalah bawang putih mampu menyembuhkan jamur kuku. Siung bawang putih mengandung sifat anti mikroba yang dapat mencegah jamur yang mengganggu.

Cara Perawatan :

Hancurkan beberapa siung bawang putih dan tempelkan pada kuku. Oleskanlah pada area kuku yang terinfeksi.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/memang-kecil-namun-jangan-mengabaikan-perawatan-kuku-karena-cowok-ilfeel-sama-kuku-yang-jorok/

http://www.tampilcantik.com/hal-hal-yang-harus-kamu-hindari-saat-perawatan-kuku/

http://www.tampilcantik.com/perawatan-rumahan-yang-akan-membuat-kuku-kamu-cantik-luar-dan-dalam/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenali dan Mengatasi Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Tahukah kamu, kulit berminyak memiliki kemungkinan untuk mengalami