Apakah kamu pernah menjalankan program diet tapi tidak membuahkan hasil? Kamu sudah mencoba puasa dan berolahraga tapi berat badanmu tidak juga turun? Hmmm, mungkin beberapa alasan berikut ini bisa menjadi penyebabnya. Berikut adalah 9 alasan mengapa kamu gagal diet :

  • Kamu makan sedikit, tetapi kamu memilih makanan yang tidak sehat

Jika kalori yang kamu konsumsi lebih sedikit daripada kalori yang kamu keluarkan, maka sangat mungkin untuk kehilangan sekitar 10% dari total berat badan kamu. Terlepas dari perhitungan jumlah kalori, kamu tetap harus memilih makanan yang tepat jika kamu ingin kehilangan lebih banyak berat badan. Setelah kamu mengubah kualitas kalori kamu dengan mengonsumsi makanan yang lebih baik, maka secara alami kamu juga akan memakan lebih sedikit kalori, yang dapat membantumu menurunkan lebih banyak berat badan.

  • Kamu tidak cukup mengonsumsi protein nabati

Secara umum, protein memiliki manfaat untuk membuat kamu kenyang dan juga membantu kamu membangun otot, kulit dan tulang yang sehat. Tetapi dalam hal penurunan berat badan, tidak semua protein sama. Konsumsi protein hewani yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes. Sebaliknya, protein nabati dalam kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein yang lebih tinggi tanpa efek negatifnya bagi kesehatan kamu.

  • Kamu tidak melihat gambaran besarnya

Sebelum kamu panik dan mencoba beberapa diet baru, pikirkan tujuan dari dietmu.  Apakah kamu hanya ingin menurunkan sebanyak mungkin berat badan dengan cepat? Atau kamu ingin menurunkan berat badan secara sehat dari waktu ke waktu, sehingga kamu dapat menjaga berat badan ideal secara permanen? Banyak orang cenderung melihat penurunan berat badan dalam jangka pendek, padahal sebenarnya itu adalah masalah jangka panjang. Mulailah untuk melihat bagaimana berat badan kamu berubah selama beberapa tahun terakhir.

  • Kamu terlalu banyak makan makanan “sehat”

Hanya karena kamu mengganti es krim malam kamu dengan yogurt, bukan berarti kamu bisa makan dua kali porsi yogurt. Aturan dasar “lebih sedikit kalori masuk, lebih banyak kalori keluar” masih berlaku, bahkan ketika apa yang kamu makan adalah makanan “sehat” sekalipun. Meskipun makan makanan sehat, kamu tetap harus menjaga porsi makan kamu.

  • Cardio kamu tidak cukup kuat

Jika kamu ingin olahraga kamu dapat membantu penurunan berat badan, kamu bisa mendapat manfaat dari memilih kegiatan yang akan meningkatkan denyut jantung kamu seperti bersepeda, CrossFit, atau latihan intensitas tinggi lainnya yang memaksimalkan kardio. Tapi jika kamu ingin berolahraga dengan berjalan kaki, maka kamu harus berjalan kaki setidaknya 10-12 mil untuk memaksimalkan pembakaran kalori.

  • Kamu mengonsumsi minuman manis

Jika kamu minum soda setiap hari, kamu tidak akan pernah kehilangan berat badan. Soda benar-benar buruk untuk dietmu. Minum gula jauh lebih berdampak dalam menaikkan berat badan daripada saat kamu memakan gula. Hindarilah mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula.

  • Kamu tidak tidur dengan teratur

Jam tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sebuah studi tahun 2019 di International Journal of Obesity mengamati penurunan berat badan selama 12 bulan pada 2.000 peserta dan menemukan bahwa mereka yang memiliki pola tidur yang baik (tidur cukup) memiliki kemungkinan berhasil diet yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak tidur cukup.

  • Kamu stres atau tertekan

Perubahan besar dalam hidup, seperti perceraian atau kematian dalam keluarga, sering kali menjadi pemicu kenaikan berat badan. Ketika kamu mengalami depresi, kamu biasanya tidak fokus pada penghitungan kalori atau kamu menjadi jarang berolahraga. Carilah solusi untuk masalah depresi yang kamu derita dan usahakan untuk kembali menjalankan pola dietmu jika kamu masih ingin mengurangi berat badan.

  • Kamu tidak minum cukup air

Apakah air benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan? Jawabannya adalah BISA. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian pada Journal of Academy of Nutrition and Dietetics. Pada dasarnya, kamu harus mengonsumsi banyak air jika ingin menurunkan berat badan.  

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-berapa-jumlah-karbohidrat-yang-harus-dikonsumsi-saat-diet/

http://www.tampilcantik.com/5-smoothie-lezat-untuk-diet/

http://www.tampilcantik.com/5-trik-diet-dalam-seminggu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memiliki sejumlah kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga