n-supermarket-628x314

Makanan merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari yang wajib dipenuhi dan yang paling bisa membuat kocek tiba-tiba menipis. Penelitian menyebutkan, banyak warga yang tinggal di kota, sering menyia-nyiakan makanan yang mereka punya. Alasannya beragam, seperti lupa memakannya, stok makanan terlalu banyak dan tidak termakan hingga tanggal kadaluarsa, membeli terlalu banyak makanan, dan lain-lain. Ironisnya mereka tidak berhenti membuang makanan dan hal tersebut terjadi terus menerus.

Pengaturan persediaan makanan yang efisien akan membantumu untuk lebih berhati-hati dan lebih menjaga pengeluaranmu agar hemat. Berikut langkah-langkah untuk mengefisienkan persediaan makanan di rumah agar makanan tidak ada yang terbuang:

Memperbanyak Makanan Berserat

Kebiasaan jajan di luar rumah mengakibtakan pengeluaranmu membengkak dan makanan di rumah menjadi terbengkalai dan akhirnya terbuang.  Biasanya, hal ini terjadi ketika makanan di rumah tidak cukup membuatmu merasa kenyang. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti menu makanan dengan makanan yang kaya serat. Kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih banyak mengandung serat. Roti manis diganti dengan roti gandum atau buah. Makanan yang kaya akan serat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, lho.

Buah dan Sayuran Lokal

Kamu dapat membeli sayuran dan buah lokal di pasaran dengan harga yang lebih murah. Tidak perlu membeli sayur dan buah-buahan organic yang harganya relatif mahal. Karena semua sayuran dan buah-buahan memiliki gizi yang sama. Jangan lupa untuk mencuci sayuran dan buah-buahan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya untuk membuang kuman dan bakteri.

Tidak Menyimpan Daging Merah

Maksud hati hendak membeli banyak daging dan menyimpan daging merah yang banyak tersebut di dalam lemari es, namun hal tersebut justru akan membuat mereka cepat basi, kecuali kamu menyimpannya dalam lemari es yang super dingin.

Kamu bisa mengolah langsung daging selepas kamu membelinya, usahakan untuk tidak menyimpan daging di dalam lemari es. Kamu bisa mengolah daging tersebut menjadi empal atau rending. Kamu bisa mengungkepnya dengan meletakkannya ke dalam freezer lemari es,  dan dapat kamu ambil sewaktu-waktu ingin memasaknya. Daging yang sudah diolah dapat bertahan lebih lama hingga berhari-hari.

Gunakan Proses Daur Ulang

Kamu bisa menanam sayur dari sisa-sisa sayur seperti batang sayuran atau bisa juga kamu gunakan sebagai pupuk organik. Kamu bisa meletakkan sisa sayur-sayuran tersebut ke dalam tanah yang sudah kamu gali. Batang sayuran yang masih segar tersebut bisa tumbuh menjadi sayuran segar di pekarangan rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli sayur lagi ke pasar.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan