Menurunkan beberapa kilogram atau menjaga berat badanmu agar tidak melampaui batas aman berat  badan ideal bukanlah hal yang mudah. Selain karena olahraga rutin seringkali membuat malas, makanan yang mengandung banyak kalori dan lemak serta kolesterol tidak sehat juga biasanya begitu nikmat dan tersedia di mana-mana. Namun, jangan salah, makanan-makanan yang selama ini kamu kira aman ternyata juga bisa jadi makann menipu yang sebenarnya sangat berbahaya bagi berat badan dan kesehatanmu.

Apa saja contoh makanan menipu yang harus kamu hindari ini?

Quinoa

Quinoa memang dicintai banyak orang karena nikmat dan merupakan sumber protein yang gampang diolah. Namun sayangnya, banyak orang yang sedang diet dengan kelirunya menganggap bahwa ini adalah alternative yang lebih rendah kalori dibanding beras. Padahal sebenarnya, satu cangkir quinoa yang telah dimasak memiliki 222 kalori, setara dengan jumlah takaran yang sama beras coklat yang mengandung 218 kalori saja. Jadi, nikmati quinoa sebagai makanan sehat favoritmu, tetapi jangan sampai kamu jadi korban makanan menipu ini dengan mengonsumsi kebanyakan karena berpikir bahwa kalorinya mini.

Kismis

Kismis memang bukan musuh besar bagi gizimu, tetapi makanan menipu ini sebenarnya adalah makanan padat kalori. Artinya, kamu bisa mengonsumsi banyak sekali kalori hanya dengan makan sejumlah kecil kismis. Misalnya, satu kotak kecil kismis 1,5 ons mengandung 129 kalori. Konsumsilah ini jika kamu benar-benar butuh memaksimalkan kalorimu. Hanya dengan dua cangkir kismis, kamu sudah kaan memenuhi bayak sekali kebutuhan kalorimu.

Kue beras

Kue atau keripik beras (seperti rengginang) terasa seperti sesuatu yang ringan dan enak dikudap, yak an? Jangan biarkan makanan menipu ini merusak program dietmu. Karena, hitungan kalorinya sangat besar apalagi jika dibandingkan dengan keripik atau kerupuk yang biasa. Memang, kamu boleh mengonsumsi ini dalam diet sehatmu, namun kamu lebih baik mengudap sesuatu yang lebih memberimu zat gizi lain yang lebih kaya, bukan hanya kalori kosong.

Selai kacang

Siapa sih yang nggak suka rasanya selai kacang? Selai kacang pada cookies atau roti adalah definisi sarapan yang sempurna. Kamu mungkin sukka dengan rasanya dan kemampuannya untuk bisa membantu tubuhmu membangun otot, membakar lemak, dan bahkan melawan penyakit jantung. Namun, jangan salah, kamu hanya bisa menikmati segudang manfaat makanan menipu ini kalau kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Dengann kata lain, mengonsumsinya langsung dari wadahnya beberapa kali sehari sebagai kudapan bukan ide yang baik. Kenapa tidak? Karena, dua sendok makan penuh saja dari makanan menipu ini mengandung kalori dan lemak yang sama dengan satu bar Snickers!) Dengan kalori yang sekitar 100 kalori setiap satu sendok makan, sama dengan kalori mentega biasa, kamu hanya bisa mengonsumsinya dengan hati-hati!

Baca juga Ternyata, Mendinginkan Makanan Setelah Dimasak Bisa Meningkatkan Pati Resisten dan Bikin Kamu Kurusan!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Lebih Dalam Tentang Capsaicin Dan Manfaatnya

Makan makanan pedas memang sangat nikmat. Makanan pedas