Kebanyakan orang menggunakan sumber daya secara tidak efisien karena menurut statistik, 90% pakaian yang kita cuci sebenarnya tidak kotor. Ketika kita mencuci pakaian, kita justru sering melupakan barang-barang lain yang sebenarnya harus segera dilempar ke mesin cuci.

Inilah beberapa hal yang harus kamu ketahui dan wajib kamu sadari. Tentunya, hal ini juga wajib kamu cuci :

  1. Legging  VS  Jeans

Terlalu sering mencuci jeans membuat kain jeans dan cat mejadi pudar dan rusak, tidak lagi seperti jeans yang kamu beli dahulu. Lebih baik jangan terlalu sering mencuci jeans. Tidak hanya untuk mempertahankan warna dan bentuk supaya awet, tetapi juga untuk menghemat air. Tentu saja, kamu tidak boleh terlalu ekstrem, tidak sering mencuci bukan berarti tidak mencuci sama sekali, ya! Jeans sangat berbeda dengan legging. Pakaian ketat menyerap keringat dengan baik dan menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri sehingga menghasilkan bau yang tidak enak.  Jika kamu mengenakan legging sehari-hari, kamu dapat mencucinya setelah 2 – 3 kali pakai, tetapi jika kamu menggunakannya untuk olahraga, cucilah setelah setiap sesi pelatihan.

  • Keset Kamar Mandi  VS  Handuk

Handuk perlu diganti setelah 3 – 4 kali digunakan.  Untuk mengurangi jumlah mencuci menjadi 1 kali setiap 2 minggu, kamu dapat menggunakan 2 handuk sehingga masing-masing dari mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk dikeringkan dan digunakan kembali.  Jika kamu mengabaikan aturan ini, handuk kamu mungkin akan berbau lembap dan kain handuk putih akan bisa menjadi abu-abu. Nah, di sisi lain, keset kamar mandi sering tidak kita perhatikan.  Kain basah yang terletak di ruangan yang gelap dan hangat adalah lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.  Keset toilet harus dicuci seminggu sekali.

  • Topi  VS  Topi Musim Dingin (Beanie)

Jika kamu tidak mengenakan topi yang sama sepanjang musim gugur sampai musim dingin, cukup cuci topi kamu rata-rata setiap 2 bulan sekali atau 3 kali per musim. Topi dapat dengan mudah dibersihkan di mesin cuci tanpa merusak kualitasnya, namun, selalu ingat untuk membaca label perawatan. Topi Musim Dingin (beanie) direkomendasikan untuk dicuci dengan tangan sebanyak 2 kali per musim. Cuci dalam air dingin agar tidak merusak bahannya.

  • Sarung Bantal  VS  Sprei

Debu yang terkumpul pada alas tidur mengandung virus, spora, bakteri, dan mikroorganisme berbahaya lainnya.  Ketika menghirup mereka secara terus-menerus, ada risiko mengembangkan reaksi alergi, kesulitan bernapas, dan iritasi mukosa.  Sel kulit manusia yang mati adalah makanan untuk kutu.  Untuk menghindari masalah seperti itu, lebih baik untuk mencuci sprei setiap 10 hari sekali. Ingatlah untuk memberikan perhatian khusus pada sarung bantal! Kamu harus menggantinya lebih sering daripada seprai dan selimut.  Sisa-sisa make up, sebum, dan berbagai bakteri menumpuk di atasnya. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya, karena kamu menggunakan sarung bantal setiap malam.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/udah-sering-cuci-muka-tapi-kenapa-wajah-masih-saja-beruntusan-gak-mungkin-kan-bawaan-lahir/

http://www.tampilcantik.com/hati-hati-terlalu-sering-cuci-muka-bisa-membuat-kulit-iritasi/

http://www.tampilcantik.com/lihatlah-seberapa-sering-kamu-harus-mencuci-rambut/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mix n’ Match Winter Outfit yang Akan Membuatmu Tetap Hangat di Cuaca Dingin

Musim dingin yang dinantikan banyak orang nyatanya tidak