Kita semua pasti pernah diganggu oleh sakit kepala secara tiba-tiba ketika kamu sedang berusaha menikmati hidup. Misalnya, ketika sedang asyik-asyiknya  membaca komik favorit atau lagi keluar dengan teman-temanmu, dan tiba-tiba kamu meras asakit kepala. Menyebalkan, bukan? Selain alkohol, kurang tidur, dan kondisi yang memang kamu sudah tahu, ada banyak penyebab sakit kepala yang menyerang. Kamu mungkin tidak sadar bahwa hal-hal ini bisa menyebabkan sakit kepala, tetapi sebenarnya hal-hal ini merupakan faktor, loh. Hati-hatilah!

Makanan yang enak-enak

Kabar buruk. Makanan yang diolah dengan berbagai cara, misalnya diasap, diacar, dikeringkan, atau difermentasi, seperti misalnya keju, salami, atau salmon asap yang sangat nikmat, cenderung mengandung sulfat, yang bisa mendilasi saluran darah dan menjadi penyebab sakit kepala. Anggur juga berarti merupakan alergen yang umum, terutama bagi kalangan wanita.

Jika kamu sering mengalami sakit kepala tak terjelaskan, gunakan catatan untuk menulis apa yang habis kamu makan setiap kali sakit kepala. Nanti pelan-pelan, temukan penyebab sakit kepala dengan menyempitkannya. Memang ini membutuhkan upaya tapi efektif membantumu.

Telat dapat asupan kafein

Setelah bekerja satu mingguan, dan akhirnya tibalah Sabtu, kamu pasti senang karena kamu bisa tidur nyenyak. Namun, tiba-tiba kamu mengalami sakit kepala pada pagi menjelang siang sebelum bangun? Bisa berarti penyebabnya adalah kamu mengalami cafeine withdrawal, gejala ketergantungan kafein yang membuat tubuhmu bereaksi ketika tidak mendapatkan jatah kafein pada waktu yang seharusnya. Ini bisa jadi penyebab sakit kepala yang sangat parah. Ini bisa terjadi karena pad akhir pekan, bangun tidurmu jadi molor. Karena itu, selalu jaga ritme sirkadianmu sama dengan bangun pada saat yang sama meskipun akhir pekan.

Hubungan terdekatmu

Salah satu penyebab sakit kepala adalah orang-orang di sekitarmu, seperti atasanmu yang mudah marah, atau pertengkaran dengan pasangan. Mengapa? Karena ketika kamu cemas, kamu biasanya mengambil napas pendek-pendek. Semakin sedikit oksigen yang kamu hirup, semakin menyempit pembuluh darahmu, yang bisa menyebabkan sakit kepala. Selain itu, stress juga bisa menyebabkanmu menggertakan gigi, yang bisa menyebabkan sakit kepala karena tegang. Jadi, ketika kamu mulai merasa tegang karena cemas atau kelabakan, coba tarik napas panjang dan tahan selama 5-7 detik, lalu hembuskan. Ulangi ini beberpaa kali.

Layar komputermu

Jika kamu menatap layar sepanjang hari, kamu membuat matamu menjadi tegang. Selain itu, variasi cahaya dan kecerahan pada layar bisa mengaktivasi retinamu dan syaraf di balik matamu, yang bisa menjadi penyebab sakit kepala. Selain itu, bisa jadi postur tubuhmu saat kamu mengunakan komputer juga sangat tidak tepat.

Setiap satu jam, beristirahatlah dari layar dnegan menatap hal lain selama 10 menit. Berjalan-jalanlah, mengobrollah, atau membaca buku biasa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Gerakan Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah, Tidak Perlu ke Gym

Apakah rutinitas olahraga kamu terganggu karena harus social