Sebagai wanita, menstruasi tentu menjadi hal yang sangat lumrah terjadi. Menstruasi sendiri menjadi tanda jika seorang wanita sudah siap tubuhnya jika nantinya memiliki anak. Nah, menstruasi sendiri memang sangat erat kaitannya dengan kehamilan. Bahkan ketika hamil pun kadang ditandai dengan adanya flek darah.

Darah menstruasi sendiri memang mirip sekali dengan darah sebagai tanda awal kehamilan. Tak heran jika wanita pun kerapkali salah sangka dimana mengira sedang dalam masa menstruasi, padahal itu adalah darah awal kehamilan. Tidak usah bingung ladies, berikut ini beberapa perbedaan dari darah menstruasi dan darah awal hamil.

Lihat warna darah dengan saksama

Memang warna darah menstruasi dan dara flek awal hamil itu berwarna sama-sama merah. Namun, keduanya tetap ada perbedaan kok. Jika memang kamu mengalami menstruasi, darah yang akan kamu lihat adalah warnanya berwarna merah kehitaman. Darah tersebut adalah darah kotor yang merupakan lapisan dinding rahim. Sedang untuk darah flek awal kehamilan adalah berwarna kecoklatan atau merah muda. Jadi, jangan langsung berpikir jika kamu sedang mens ya.

Perhatikan dari segi volume darah

Selain dari segi warna darah, kamu juga harus memperhatikan dari segi volume darah yang dikeluarkan. Umumnya volume darah menstruasi banyak, apalagi di hari pertama. Sedang, volume darah flek di awal kehamilan hanya sedikit saja dan menempel di bagian celana dalam kamu. Namun, apabila kamu termasuk wanita yang volume menstruasinya memang sedikit pada hari pertama lalu meningkat di hari selanjutnya. Jika demikian, maka perhatikan volume darah yang ada sampai beberapa hari. Apabila memang volume darah meningkat, maka siklusnya pun normal menstruasi. Tapi sebaliknya, jika volume darahnya makin sedikit atau bahkan tidak ada maka kemungkinan itu darah awal kehamilan.

Hitung jangka waktu pendarahan

Apabila kamu sedang menstruasi, maka darah pun akan keluar terus hingga setidaknya 3 dan bahkan 7 hari. Namun, jika pendarahannya hanya 1 hingga 2 hari saja, maka kamu mungkin akan segera jadi Ibu. Wah, happy banget dong!

Sadari gejala awalnya

Untuk bisa membedakan antara darah mens atau darah awal kehamilan, maka kamu pun harus peka pada kondisi tubuhmu sendiri. Saat menstruasi, maka kamu akan merasakan nyeri kram hingga pegal di beberapa titik tubuh misalnya pada daerah pinggul, panggul, punggung dan di area bawah perut. Perut kamu pun akan terasa sakit, kembung dan melilit. Payudara juga akan terasa kencang dan kemudian nampak lebih besar. Jangan lupakan juga jika biasanya sebelum haid kamu akan mengalami PMS.

Namun, beda jika kamu sedang masa awal kehamilan karena justru rasa nyeri, kram dan pegal hanya sedikit atau mungkin tidak sama sekali. Ukuran payudara juga akan membesar signifikan. Bahkan, kamu mungkin bisa merasakan mual atau biasa disebut morning sickness. Jika sudah demikian, ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter sehingga bisa diketahui benar bahwa kamu memang hamil. Apabila positif, pastikan untuk senantiasa jaga kehamilan kamu sampai hari kelahiran sang baby tiba ya, ladies.

Baca juga:

Kulit Makin Glowing Saat Hamil, Ini loh Rahasia Meghan Markle

Kenapa Sih Wanita yang Sedang Haid Sering Merasa Lapar? Mau Tau Jawabannya..

Pernah Ngerasain Perut Jadi Kembung Saat Haid? Enggak Perlu Khawatir Berlebihan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Saat Puasa

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Kala Puasa