Depresi muncul sebagai akibat dari peristiwa kehidupan yang penuh tekanan atau sulit. Mungkin masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mengatasi depresi. Berikut adalah informasi lengkap tentang cara menemukan perawatan yang tepat untuk depresi, terutama depresi klinis atau depresi yang parah.

Apa saja gejala depresi?

Gejala depresi dapat berbeda pada setiap orang, tetapi ada dua komponen utama dari depresi klinis. Orang yang mengalami depresi mengalami suasana hati yang membuatnya frustrasi hampir sepanjang hari dan terjadi setiap hari. Suasana hati yang buruk ini juga menimbulkan berkurangnya minat atau kesenangan pada hal-hal yang biasa dinikmati.

Walaupun normal bagi orang untuk merasa sedih dari waktu ke waktu, depresi klinis tetaplah berbeda, karena depresi klinis adalah perasaan yang dapat mengganggu kehidupan penderita. Orang dengan gangguan depresi mayor dapat mengalami berbagai gejala, termasuk suasana hati yang buruk, suasana hati yang mudah marah, konsentrasi yang buruk, energi yang rendah, sulit tidur dan pola pikir negatif.

Beberapa orang dengan depresi mungkin memiliki gejala-gejala seperti perubahan nafsu makan, penurunan energi atau kelelahan, termasuk tidur yang berlebihan (orang lain bisa saja mengalami kesulitan tidur, meskipun kelelahan). Pikiran untuk bunuh diri dan perasaan putus asa juga dapat muncul pada gangguan depresi berat.

Bagaimana depresi didiagnosis?

Diagnosis depresi terjadi pada seseorang yang terus-menerus dalam suasana hati yang sedih sepanjang hari, hampir setiap hari, selama rentang dua minggu atau lebih. Pikiran untuk bunuh diri adalah cara lain untuk membedakan depresi klinis dari depresi yang lebih situasional. Setiap kali seseorang memiliki pikiran untuk bunuh diri atau gangguan yang sangat signifikan, itu berarti lebih dari depresi situasional.

Untuk mendiagnosis depresi, seorang dokter akan melakukan wawancara klinis terstruktur atau meminta pasien mengambil inventaris laporan diri. Dalam kedua skenario itu, dokter mencari dua elemen yang persisten : Pertama, berkurangnya minat pada hal-hal yang biasanya dinikmati seseorang, kedua, suasana hati yang depresi. Setelah depresi didiagnosis, dokter akan bekerja dengan pasien untuk mendapatkan pengobatan yang paling efektif

Bagaimana cara mengobati depresi?

Pengobatan terbaik untuk depresi adalah kombinasi psikoterapi, terapi perilaku kognitif, dan antidepresan. Seiring dengan dukungan terapis dan obat-obatan, faktor gaya hidup sehat seperti olahraga juga dapat mengurangi gejala depresi.

Bagaimana saya bisa mendapatkan bantuan untuk depresi?

Zaman sekarang, datang ke psikolog dan melakukan konsultasi bukanlah hal yang tabu seperti beberapa tahun yang lalu. Jika kamu mengalami gejala-gejala depresi yang sangat mengganggu, atau jika terbesit di pikiran kamu untuk mengakhiri hidup, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi dokter dan berkonsultasi. Sementara para psikolog profesional mendiagnosis dan mengobati depresi yang kamu alami, mereka juga dapat merujuk kamu ke penyedia layanan kesehatan mental untuk perawatan tambahan, jika diperlukan.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, karena baik jiwa maupun raga kita berjuang bersama dan bekerja bersama-sama untuk menghadirkan kehidupan. Jadi, jika salah satu unsur sedang tidak dalam kondisi baik, unsur lainnya akan kesulitan dan kehidupan kita menjadi tidak seimbang. Kamu harus mulai peka dengan kesehatan mental dan segera mencari bantuan jika kamu mengalami gejala depresi yang mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Baca Juga:

http://www.tampilcantik.com/4-mitos-umum-tentang-kecemasan-dan-depresi/

http://www.tampilcantik.com/memerangi-depresi-dengan-mendekatkan-diri-pada-alam/

http://www.tampilcantik.com/punya-pacar-depresi-cara-memberinya-dukungan-dan-cinta-agar-hubungan-tetap-sukses/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Berperang Melawan Virus dengan tetap #DiRumahAja

Wabah Virus Corona (COVID-19) sudah semakin meluas hingga