Sarapan pagi menjadi waktu makan yang amat penting karena bisa menjadi kunci membangun hari nan penuh energi dan semangat. Ini adalah fakta karena sarapan pagi sendiri merupakan pangkal dari nutrisi di tubuh manusia. Namun, banyak juga orang yang melewatkan manfaat sarapan pagi ini dengan alasan sedang diet. Memangnya diet nggak boleh sarapan?

 

Sebetulnya meski kamu sedang diet pun sarapan tetap diwajibkan lho. Ini karena kamu tetap membutuhkan nutrisi dan tenaga untuk bisa menjalani hari dengan semangat dan berenergi. Kamu pun akan tetap bisa fokus dalam menjalani aktivitas segudang dengan sarapan. Nah, bagi kamu yang sedang diet maka harus cerdas dalam memilih menu sarapan yang benar. Berikut ini beberapa kriterianya.

 

Gizi seimbang

Menu makanan yang sehat harus mengandung karbohidrat (ada baiknya karbohidrat yang kompleks), lemak tak jenuh, protein, vitamin dan mineral hingga serat dan air. Bukan hanya itu, makanan dengan gizi seimbang itu pun juga harus disesuaikan dengan porsinya. Untuk porsi yang ideal adalah dalam satu piring maka terisi ¼ merupakan karbohidrat kompleks, ¼ adalah lauk dengan kandungan protein dan mineral dan ½ sisa porsinya adalah buah dan sayur sehingga serat dan vitamin tercukupi. Jangan lupakan juga asupan air yang harus kamu penuhi lho ya.

 

Tidak makan dengan berlebihan

Agar bisa mendapat manfaat sarapan secara maksimal, makan berlebihan sangat tidak dianjurkan. Alasannya adalah karena makan yang berlebihan akan bisa menjadikan kamu kekenyangan sehingga bisa merasa lesu sepanjang harinya lantaran sistem pencernaan kamu bekerja dengan terlalu keras. Dietmu pun pastinya tidak akan optimal ketika kamu makan dengan porsi yang terlalu banyak.

 

Variasi menu

Mungkin kamu berpikir jika menu sarapan sehat itu membosankan karena itu-itu saja. Lho, padahal kamu tetap bisa kok menyantap makanan yang kamu suka. Kamu tidak harus monoton dengan satu menu saja lho. Hal ini karena tiap makanan punya kandungan gizinya yang berbeda sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan makanmu. Wah, jadi nggak bosen kan?

 

Perhatikan waktu makan

Sudah tentu kamu tahu jika sarapan adalah waktu makan di saat pagi. Nah, waktu sarapan ideal sendiri yakni pada 30 menit usai kamu bangun tidur. Usahakan untuk hindari sarapan di jam 10 pagi. Waktu makan ini penting sekali sehingga kamu akan bisa kurangi waktu lapar yang tepat dengan kalori seimbang. Nanti waktu makan siang, kamu tidak akan merasa kelaparan yang teramat sangat, tapi juga tidak merasa perut penuh karena sarapan yang terlambat.

 

Konsisten pada waktu sarapan

Bagi kamu yang melakukan diet, maka jadwal sarapan juga harus kamu miliki. Hal ini demi kesehatan dan pastinya untuk adaptasi tubuhmu juga sehingga tahu sinyal bahwa kamu sudah makan dan kenyang. Jika kamu tak membiasakan sarapan tiap harinya, maka bukan sehat yang kamu dapatkan tapi justru berat badan bisa naik lho. Bahkan parahnya kamu akan bisa mendapatkan masalah pencernaan. Jika demikian, maka pastikan kamu untuk bisa selalu rutinkan sarapan sehingga kesehatan dan diet pun bisa terjaga.

 

Baca Juga :

Gak Suka Sarapan? Ternyata, Ini Loh Manfaat Sarapan

Menu Sehat Dan Praktis Yang Boleh Kamu Coba Untuk Sarapan Kamu Di Pagi Hari

Apakah Kamu Sering Kelelahan Saat Bangun Pagi? Cobain Deh Sarapan Ini Biar Fit Lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Air Es Bisa Turunin Berat Badan? Serius? Gimana Caranya? Ini Dia!

Tubuh yang ideal selalu menjadi dambaan untuk setiap