Saat ini semakin banyak saja makanan yang mengandung pemanis buatan atau artificial sweetener rendah kalori di pasaran, meskipun pemanis buatan untuk makanan dinyatakan aman oleh lembaga pangan namun kita harus tetap memperhatikan porsinya yaa ladies. Beberapa wanita lebih memilih makanan yang mengandung pemanis buatan karena makanan yang mengandung gula asli bisa membuat gendut dan pemanis buatan diklaim lebih sehat dan rendah kalori.

Tapi tahukah kamu ternyata pemanis buatan ini malah mampu membuatmu merasa lebih mudah lapar lho Ladies. Salah satu penelitian menemukan bahwa pemanis buatan rendah kalori ini ternyata membuat otak menjadi tidak yakin ada energi yang dibutuhkan oleh tubuh sudah cukup atau belum sehingga otak akan membuat nafsu makan menjadi lebih meningkat.

Sebuah penelitian dilakukan oleh pakar kesehatan dari University of Sydney dan The Garvan Institute of Medical Research. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lalat buah sebagai obyeknya. Ditemukan hasil bahwa ternyata lalat buah yang mengonsumsi pemanis buatan akan secara alami mengonsumsi makanan lebih banyak dari yang tidak.

Kondisi ini ternyata sama dengan yang di alami oleh manusia, saat manusia mengonsumsi pemanis buatan maka sistem otak akan terangsang dan merasa lapar terus menerus karena merasa tubuh kekurangan asupan kalori. Selain meningkatkan nafsu makan ternyata pemanis buatan juga mampu menyebabkan hiperaktif, insomnia serta menurunkan kualitas tidur seseorang. Karena itulah sebaiknya kita mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis demi kesehatan tubuh. Jika ada yang menyehatkan tubuh kenapa pilih yang lain.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Latihan Baru untuk Membantu Olahragawan Mengelola Gangguan Pernafasan

Setelah berlari kencang dan latihan sebagian besar atlet