Berbicara maslaah organ dalam, tidak banyak orang yang memperhatikan tentang kandung kemih. Padahal organ kecil ini mempunyai peran besar untuk mengatur cairan urin. Kamu mungkin tidak bisa membayangkan bila kandung kemih berhenti bekerja dengan baik. Kandung kemih yang tidak berfungsi degan baik bisa menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil.

Meskipun kandung kemih adalah organ yang mengatur cairan urin dari ginjal, namun organ tersebut memberikan dampak besar pada tubuh. Menjaga kesehatan kandung kemih bisa menghindarkan dari rasa sakit ketika buang air dan bahkan masalah kesehatan lain yang mengancam nyawa. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kandung kemih.

Jangan ditahan!

Salah satu cara terburuk yang sering dilakukan pada kandung kemih adalah menahan keinginan untuk pipis. Faktanya menahan keinginan untuk buang air kecil dalam waktu yang lama bisa menyebabkan otot-otot pada kandung kemih menjadi lemah. Hal ini berakibat kandung kemih menjadi kendor dan kurang kuat, sehingga mengakibatkan ketidakmampuan tubuh untuk membuang urin dengan maksimal. Bila urin tidak dibuang dengan maksimal dari dalam tubuh, sisa urin ini bisa menyebabkan infeksi.

Banyak minum air putih

Berbicara masalah kesehatan kandung kemih tentu saja tidak lepas dari air putih. Air putih adalah pilihan yang paling bagus untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Hal ini karena lima gelas soda tidak memberikan efek kesehatan yang sama dengan lima gelas air putih. Oleh karena itu agar kesehatan kandung kemih dan tubuh secara umum tetap terjaga, kamu perlu setidaknya mengkonsumsi enam hingga delapan gelas air putih setiap hari.

Olahraga teratur

Olahraga ternyata juga memberikan dampak kesehatan pada kandung kemih. Hal ini karena olahraga membuat pergerakan urin menjadi lebih lancar. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan intens secara langsung. Cukup mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan atau jogging untuk membantu mejaga kesehatan kandung kemih.

Hindari rokok

Berdasarkan penelitian, setidaknya lebih dari 50.000 orang didiagnosa dengan kanker ginjal setiap tahun. Salah satu penyebabnya adalah rokok atau tembakau. Faktanya perokok mempunyai resiko tiga kali lebih besar untuk terkena kanker ginjal dari pada mereka yang tidak merokok. Bila kamu masih mengkonsumsi tembakau dalam bentuk apapun, sebaiknya kamu berhenti melakukannya agar kesehatan kandung kemih dan ginjal tetap terjaga.

Selalu bersihkan area kewanitaan

Hubungan seksual ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab infeksi kandung kemih pada wanita. Uretra (saluran dari ginjal yang mengarah keluar tubuh) pada wanita terletak pada tempat dimana bakteri biasa terdapat. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual, sebaiknya kamu membersihkan area kewanitaan untuk mencegah infeksi. Selain itu, kamu juga harus buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual untuk membantu membuang bakteri sehigga tidak menyebabkan infeksi kandung kemih.

Latihan kegel

Latihan kegel bisa melatih kekuatan otot-otot sehingga membuat kandung kemih lebih terkontrol degan baik. Otot kandung kemih yang lemah bisa menyebabkan kebocoran kandung kemih. Hal ini bisa dihindari dengan melatih otot kandung kemih melalui latihan kegel. Kamu bisa menghubungi dokter atau pakar medis untuk mengetahui latihan kegel yang benar.

Meskipun tidak banyak yang menyadari, namun kesehatan kandung kemih sama pentingnya dengan kesehatan organ tubuh yang lain. Kamu bisa mulai dari langkah yang paling sederhana yaitu dengan tidak menahan keinginan pipis dan juga banyak minum air putih.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ingin-buang-air-kecil-terus-bisa-jadi-karena-hal-hal-ini-ladies/

http://www.tampilcantik.com/ladies-tanda-tanda-ini-menunjukkan-bahwa-masalah-buang-air-kecilmu-bisa-jadi-batu-ginjal-waspada-ya/

http://www.tampilcantik.com/ada-yang-tidak-biasa-saat-buang-air-kecil-ini-alasan-mengapa-bau-urine-berbeda-dari-biasanya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Kebiasaan yang Wanita yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa minum alkohol dan