Menstruasi adalah peluruhan dinding rahim dikarenakan tidak ada pembuahan sel telur. Biasanya masa haid berjalan selama kurang lebih seminggu. Haid tidak hanya membuat kita tidak nyaman melakukan aktivitas, tetapi hal ini juga membuat perubahan siklus hormon. Dan hormon yang berubah dapat mempengaruhi suasana hati yang rasiona, menjadi labil, dan dapat membuat kamu lebih lamban. Jadi seorang wanita yang sedang datang bulan akan mudah sensitive dan gampang marah. Untuk menghilangkan bad mood saat sedang datang bulan memerlukan treatment khusus. karena idak hanya badan yang terasa sakit, tetapi pikiran dan suasana hati pun tidak katuan rasanya. Mulai dari gampang tersinggung, sensitive, sampai bad mood yang berkepanjangan. Semua hal itu memang wajar terjadi pada wanita yang sedang datang bulan, yang disebabkan hormon yang tidak seimbang. Nah untuk mengatasi bad mood yang berkepanjangan saat sedang haid kamu bisa melakukan beberapa hal, antara lain :

  1. Olahraga Ringan

Tips pertama untuk mengatasi badmood adalah berolahraga ringan. Karena olahraga dapat melenyapkan depresi dan menghilangkan badmood yang terjadi saat sedang datang bulan. Karena jika kamu melakukan aktivitas fisik, maka akan membuat tubuh kamu memproduksi hormon endrofin. Dan hormon ini dapat membuat badmood kamu menjadi hilang. Selain itu, olahraga ringan juga akan membantu kamu mengatasi rasa nyeri dank ram pada perut saat sedang datang bulan. Tetapi jangan olahraga terlalu berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan ataupun jogging.

  1. Batasi Mengonsumsi Kafein dan Makanan Manis

Kamu harus membatasi mengonsumsi kafein dan makanan manis, kamu harus mulai melakukannya dua minggu sebelum siklus haid datang. Seperti mengonsumsi kopi, minuman berkafein, dan roti yang terlalu manis. Karena hal ini akan membantu kamu menstabilkan mood. Dengan mengonsumsi kafein akan membuat kamu menjadi insomnia, gelisah, dan cemas. Dan sebisa mungkin kamu harus menghindari makanan manis. Saat sedang haid akan lebih baik kamu perbanyak mengonsumsi  air putih.

  1. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi, maka hal ini juga akan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Yang nantinya akan memberikan efek negative, yaitu badmood yang bertambah parah. Jadi sebisa mungkin kamu harus mengurangi mengonsumsi gula dan karbohidrat yang berlebih saat sedang haid.

  1. Selalu Berpikir Positif

Perasaan negative itu sebenarnya berasal dari pikiran yang negative, karena apapun yang kita pikirkan pasti akan mempengaruhi perasaan kita. Maka kamu harus merubah perasaan negative tersebut menjadi pola pikir yang positif. Sehingga kamu tidak akan mempunyai pikiran yang negative. Dan meminum sesuatu yang hangat juga bisa membuat perasaan kamu menjadi lebih rileks.

Baca juga Pernah Ngerasain Perut Jadi Kembung Saat Haid? Enggak Perlu Khawatir Berlebihan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Seberapa Aman Sih Menggunakan Lensa Kontak?

Lensa kontak sangat membantu orang yang memiliki masalah