Bangun pagi memang menjadi permasalahan yang sulit bagi sebagian orang, padahal bangun pagi memiliki banyak manfaat loh, salah satunya adalah dapat meningkatkan konsentrasi dan produktifitas. Sebuah studi menyebutkan bahwa bangun pagi dapat membuat seseorang cenderung berkinerja baik secara akademis dibandingkan dengan tengah malam.

Agar kamu dapat merasakan manfaat dari bangun pagi, berikut terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebagai upaya untuk bangun lebih awal.

Hindari Tidur Terlalu Larut Malam

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat menjadikan kamu sulit untuk bangun pagi, salah satunya adalah kebiasaan tidur terlalu larut malam. Demi bisa bangun pagi, sebaiknya kamu mulai hindari kebiasaan tersebut.

Biasakan tidur antara jam 9-11 malam, terlebih lagi jika tidak ada hal-hal penting yang kamu lakukan diwaktu malam hari. Tidur lebih awal berarti memberikan waktu yang lebih lama bagi tubuh kamu untuk beristirahat, sehingga kebutuhan istirahatmu terpenuhi dengan baik. Dengan demikian maka  bisa dipastikan deh kamu akan merasa lebih segar saat bangun esok harinya.

Membangun Motivasi untuk Bangun Lebih Awal

Kamu perlu mencari alasan yang sangat kuat mengapa harus bangun pagi setiap harinya. Hal ini bisa kamu mulai dengan mendengarkan podcast atau membaca buku untuk mendapatkan informasi pentingnya bangun pagi setiap harinya. Dengan demikian kamu dapat mempertimbangkan alasan kamu bangun pagi, Apakah untuk kesehatan dan kebugaran? Apakah untuk meningkatkan produktifitas?

Tidak ada salahnya kamu merancang rencana pada malam harinya tentang bagaimana kamu akan menghabiskan waktu pagimu, sehingga secara tidak langsung kamu memotivasi diri sendiri untuk bangun lebih awal.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur, terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung stimulan seperti kafein. Kafein dapat membuat seseorang terjaga, sehingga tekad untuk tidur lebih awal pun menjadi terganggu karena kamu semalaman tidak bisa tertidur.

Atur Waktu Tidur Secara Konsisten

Konsistensi pada waktu tidur dan waktu bangun akan membuat anda lebih mudah untuk melatih tubuh agar bangun pagi setiap harinya. Kamu bisa  memulai membentuk kebiasaan durasi tidur dengan teratur selama satu minggu, bahkan saat akhir pekan. Dengan demikian maka tubuh kamu akan terbiasa dengan durasi tidur yang cukup dan siap untuk bangun pagi esok harinya.

Kurangi Intensitas Menatap Layar Sebelum Tidur

Layar ponsel, komputer maupun televisi dapat membuat kamu lebih sulit untuk tertidur. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang Profesor di Universitas Monash, Shantha Rajaratnam menyebutkan bahwa cahaya layar yang menyala dari ponsel dapat mengganggu siklus tidur dari tubuh seseorang.

Studi lain yang dilakukan oleh Rensselaer Polytechnic Institute di New York, AS menyebutkan bahwa paparan cahaya dari layar dapat menurunkan kadar hormon melatonin dalam tubuh sebanyak 23%.

Melatonin merupakan zat alami dalam tubuh yang dapat membantu seseorang untuk tertidur. Cara kerjanya adalah dengan memberitahu tubuh bahwa situasi disekitarnya sudah gelap sehingga tubuh sudah siap untuk tertidur.

Jauhkan Alarm dari Tempat Tidurmu

Alarm merupakan alat yang umum digunakan seseorang untuk bangun dipagi hari. Akan tetapi bantuan alat tersebut seringkali tidak memberikan hasil yang maksimal karena seseorang bisa dengan mudah mematikan alarmnya kemudian melanjutkan tidur.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya kamu melakukan strategi salah satunya adalah dengan meletakan alarm tidak terlalu dekat dengan tempat tidur kamu. Letakan alarm sedikit lebih jauh tetapi suaranya masih bisa terdengar. Tujuannya adalah agar kamu harus beranjak bangun dan sedikit berjalan untuk mematikan alarm kamu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/apakah-kamu-sering-kelelahan-saat-bangun-pagi-cobain-deh-sarapan-ini-biar-fit-lagi/

http://www.tampilcantik.com/tips-agar-kamu-mudah-untuk-bangun-pagi/

http://www.tampilcantik.com/susah-bangun-pagi-mulai-olahraga-malam-yuk/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Lakukan 8 Kegiatan Ini di Pagi Hari Sebagai Mood Booster Harimu

Butuh semangat pagi untuk hari yang istimewa? Atau