Sebagian besar orang menggunakan bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang tebal. Namun menggunakan bulu mata membutuhkna waktu dan kesabaran yang tidak sedikit. Faktanya bulu mata sama dengan bagian tubuh yang lain seperti kuku atau rambut yang bisa tumbuh meski pertumbuhannya termasuk lambat. Bila anda termasuk yang tidak suka menggunakan bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata tapi tetap ingin tampilan bulu mata yang tebal dan lentik alami, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Jangan malas membersihkan makeup

Membersihkan makeup, terutama makeup mata, adalah salah satu langkah awal untuk pertumbuhan bulu mata yang lebih baik. Tidur dengan makeup yang masih menempel akan membuat kulit menjadi iritasi dan bahkan menimbulkan infeksi mata. Selain itu, membiarkan mascara mengering sepanjang malam akan membuat bulu mata kotor dan rapuh. Pastikan anda selalu menghapus makeup keseluruhan sebelum tidur untuk menghindari kuman dan bakteri menumpuk pada permukaan kulit dan juga mata.

Gunakan minyak alami

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menumbuhkan bulu mata adalah minyak alami. Ada banyak jenis minyak alami seperti minyak zaitun, minyak castor, minyak kelapa dan sebagainya yang bisa membantu pertumbuhan bulu mata. Anda bisa mengoleskan minyak alami pada bulu mata dengan menggunakan kapas atau sikat maskara yang bersih. Lakukan cara ini dengan teratur agar bulu mata bisa tumbuh lebih cepat. Namun pastikan anda menggunakannya dengan hati-hati dan jangan sampai ada minyak yang masuk ke dalam mata karena akan menimbulkan infeksi.

Perhatikan pola makan

Mungkin anda tidak pernah berpikir bila pola makan juga mempengaruhi pertumbuhan bulu mata. Pola makan yang buruk, termasuk sering mengkonsumsi junk food, makanan tinggi gula, gluten, dan makanan cepat saji, bisa menghambat pertumbuhan bulu mata dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Anda bisa mulai beralih dengan pola makan yang lebih sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, makanan alami, dan minum lebih banyak air agar bulu mata tumbuh lebih panjang dan sehat.

Gunakan serum bulu mata

Serum bulu mata adalah produk khusus yang dibuat untuk membantu pertumbuhan bulu mata. Produk ini dibuat dengan komposisi bahan yang memang digunakan untuk menjaga bulu mata.

Hindari waterproof mascara

Waterproof mascara memang menjadi pilihan sebagian orang untuk penampilan yang tetap cetar seharian. Maskara jenis ini memang tahan air dan keringat sehingga bisa membuat penampilan anda sempurna. Namun, bahan kimia dalam waterproof mascara ternyata rentan membuat mata iritasi. Pada beberapa orang, waterproof mascara juga bisa menyebabkan bulu mata lebih rapuh dan mudah rontok.

Hindari ekstensi bulu mata

Ekstensi bulu mata memang sedang menjadi tren kecantikan yang masih banyak digemari. Meskipun begitu, ekstensi bulu mata ternyata menjadi ancaman bagi kesehatan bulu mata. Ekstensi bulu mata ini ditempelkan pada kelopak mata dengan menggunakan lem khusus yang bisa saja mengandung bahan berbahaya. Bila diaplikasikan dengan sembarangan, ekstensi bulu mata malah akan membuat bulu mata asli menjadi rontok.

Baca Juga:

http://www.tampilcantik.com/aturan-perawatan-eyelash-extension-untuk-bulu-mata-cetar-yang-tahan-lama/

http://www.tampilcantik.com/bulu-mata-rontok-jangan-jangan-kebiasaan-ini-yang-sering-kamu-lakukan/

http://www.tampilcantik.com/hindari-5-kesalahan-ini-agar-bulu-mata-kamu-tetap-lebat-dan-lentik/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kesalahan Skincare yang Membuat Pori-pori Kamu Terlihat Lebih Besar

Minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri