Sebagian besar orang berpikir bila menurunkan berat badan hanya seputar tentang diet dan olahraga saja. Padahal menurunkan berat badan tidak hanya tentang olahraga atau mengatur pola makan. Seberapa keras kamu berolahraga atau seberapa sempurna pola dietmu, namun bila kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup berat badan tetap akan susah turun.

Relax dan istirahat adalah salah satu faktor yang penting untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Kamu bisa melakukan beberapa rutinitas kecil sebelum tidur untuk membantu mengontrol berat badan. Berikut ini beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu terapkan sebelum tidur.

Minum cuka apel

Cuka apel dipercaya memberikan banyak efek positif untuk tubuh. Minuman yang satu ini tidak hanya membantu mendetoks racun dalam tubuh dan melawan jerawat, tapi juga membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Cuka apel membantu menurunkan kadar trigliserilida dalam darah Selain itu cuka apel juga membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan kadar insulin dan glukosa dalam darah. Kamu bisa mencampur satu sendok makan cuka apel dengan segelas air dan minum sebelum tidur.

Mandi sebelum tidur

Banyak orang yang berpikiran bila mandi pada malam hari tidak baik untuk kesehatan. Faktanya mandi sebelum tidur malam baik untuk kulit dan juga membantu membuat tidur lebih nyenyak. Rasa hangat ketika mandi dari air panas meningkatkan suhu tubuh dan membuatnya turun secara drastis ketika kamu keluar dari kamar mandi. Cara ini membantu membuat sistem tubuh menjadi lebih rileks.

Tidur di ruangan yang dingin

Tidur di ruangan yang dingin tidak hanya membantu tidur lebih nyenyak tapi juga membantu menghilangkan lemak tubuh ketika kamu tidur. Lemak membuat tubuh tetap hangat, sehingga ketika tidur di ruangan yang dingin membantu membakar lebih banyak lemak.

Matikan lampu

Tidur dengan lampu yang menyala membuat tidur kurang nyenyak. Hal ini secara tidak langsung membuat berat badan lebih mudah naik. Oleh karena itu, sebaiknya matikan lampu ketika kamu tidur agar tidur lebih nyenyak sehingga lebih banyak lemak yang terbakar.

Makan malam sedikit

Bila kamu ingin menurunkan berat badan selama tidur, hindari makan malam yang banyak. Makan malam dalam jumlah banyak sebelum tidur akan membuat tubuh bekerja lebih berat untuk mencerna makanan. Hal ini berakibat tubuh tetap bekerja dan menyebabkan kamu tidur larut malam. Sebaiknya kamu makan malam satu atau dua jam sebelum jam tidur sehingga tubuh mempunyai waktu yang cukup untuk mencerna makanan dengan baik.

Matikan gawai sebelum tidur

Sama halnya dengan lampu kamar, sinar biru yang dihasilkan dari gadget juga membuat kamu susah tidur dengan nyenyak. Berdasarkan penelitian, orang yang tidak bisa tidur tanpa bermain gadget terlebih dahulu ternyata lebih rentan kelebihan berat badan.

Salah satu kunci menurunkan berat badan di malam hari adalah tidur yang cukup dan nyenyak. Jangan menyepelekan tidur yang berkualitas karena dengan tidur yang cukup kamu bisa memaksimalkan olahraga dan juga diet yang sedang dilakukan. Dengan begitu kamu bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Kamu bisa mencari rutinitas lain sebelum tidur seperti meditasi, membuat jurnal, dan sebagainya yang bisa membantu tidur lebih berkualitas.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/kebiasaan-buruk-sebelum-tidur-yang-dapat-menyebabkan-jerawat/

http://www.tampilcantik.com/4-hal-yang-membahayakan-jika-kamu-olahraga-malam-sebelum-tidur/

http://www.tampilcantik.com/minuman-terbaik-sebelum-tidur-yang-bisa-membantu-menurunkan-berat-badan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Kebiasaan yang Wanita yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa minum alkohol dan