Buah menjadi makanan yang sangat dibutuhkan karena kandungan vitamin, mineral dan pastinya serat yang tinggi. Umumnya buah dikenal menjadi makanan penutup dan dikonsumsi usai makan. Tapi banyak yang menyatakan jika makan buah sebelum makan disebut-sebut mampu memberikan manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan.

 

Beragam jenis buah sangat mudah didapatkan di Indonesia yang merupakan negara tropis ini. Kamu bisa makan buah dengan harga yang murah sampai mahal pun tersedia. Dengan segala kandungan nutrisi berbeda di dalam masing-masing buah, maka tentunya akan baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, pastikan untuk memasukkan menu buah dalam daftar makanan wajib harian ya ladies. Nah, sebetulnya makan buah baiknya sebelum atau sesudah makan ya? Ketahui jawabannya yuk.

 

Waktu terbaik makan buah

Pada dasarnya, makan buah baik sebelum atau sesudah makan sama-sama memberikan manfaat. Namun, makan buah sebelum makan mampu memberikan manfaat lebih yakni untuk mengurangi keinginan kamu untuk konsumsi makanan yang kalorinya tinggi. Ini karena buah memang termasuk makanan mengenyangkan dengan efek kenyang yang juga tahan lama karena kandungan serat tingginya.

 

Makan buah sebelum makan pun mampu mencegah kamu makan dalam porsi yang terlalu banyak. Dengan demikian, ini menjadikannya sangat baik ketika kamu diet atau ingin menjaga berat badan. Bahkan di jangka panjang, rutinitas ini mampu menghindarkan kamu dari beragam penyakit berbahaya lho seperti stroke, jantung dan diabetes.

 

Jika kamu sedang ada di program diet, maka tak hanya buah saja tapi juga biasakan juga minum air sebelum makan. Minum sekitar 2 gelas air sebelum makan akan bisa bantu kamu menurunkan berat badan dengan signifikan lho. Ini karena perut kamu sudah cukup kenyang sehingga makan makanan pokok pun jadi berkurang.

 

Mengenal manfaat konsumsi buah

Konsumsi buah dengan rutin akan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah yang wajib kamu tahu:

  • Buah sangat kaya dengan kandungan serat sehingga mampu mencegah keluhan sembelit hingga masalah pencernaan lainnya.
  • Bukan hanya keluhan sembelit saja, tapi kandungan serat buah pun akan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di darah.
  • Makan buah rutin pun akan bantu untuk kontrol gula darah di darah. Ini karena ada banyak sekali nutrisi di dalam buah.
  • Beberapa buah misalnya jeruk, lemon hingga buah beri memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.
  • Buah dengan kandungan antioksidan tinggi misalnya anggur, apel, mangga, semangka dan alpukat serta buah lainnya mampu bantu lindungi tubuh dari radikal bebas dimana sangat berbahaya untuk kesehatan.

 

Tidak peduli makan buah baik sebelum ataupun sesudah makan, semuanya sama-sama memberikan manfaat yang baik. Namun, jika Anda sedang dalam kondisi diet, maka ada baiknya menyantap buah di waktu sebelum makan. Kamu pun harus menyeimbangkannya dengan makan makanan bergizi seimbang, minum air yang banyak dan pastinya olahraga secara rutin. Dengan demikian, maka kamu bisa mendapatkan penurunan berat badan secara sehat.

 

Baca Juga :

Jus Buah Ternyata Kurang Baik Untuk Diet Lho. Simak Penjelasannya

Buah Adalah Makanan Wajib Bagi Kamu Yang Sedang Diet. kenali Manfaat Buah Bagi Kesehatan Tubuh.

Tahu Ngak Sih Ternyata Salad Buah Itu Dapat Membantu Perawatan Kulitmu Lho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing