Percaya Mitos Tentang Menstruasi? Cek Faktanya Dulu Yuk

Menstruasi menjadi kondisi natural yang dialami oleh para wanita ketika sudah mulai beranjak dewasa. Menstruasi sendiri merupakan kondisi dimana darah keluar dari rahim dan terjadi lantaran luruhnya lapisan dinding di rahim bagian dalam dan banyak mengandung pembuluh darah serta sel telur yang tak dibuahi. Siklus menstruasi tiap wanita pun berbeda-beda.

Di kalangan para wanita sendiri tersebar banyak sekali mitos dan juga larangan terkait wanita yang sedang dalam kondisi menstruasi. Kamu mungkin juga ikut-ikutan percaya dengan semua mitos yang tersebar itu. Daripada merasa bingung, maka lebih baik cari tahu dulu yuk kebenaran mitos yang beredar lewat fakta berikut ini.

Keramas Saat Menstruasi Tidak Baik


Mungkin banyak diantara kamu yang kerapkali mendengar orang tua berpesan untuk tidak keramas saat menstruasi. Alasannya karena keramas saat menstruasi bisa jadikan kepala kamu sakit dan pusing, bahkan ada yang menambahkan berbagai macam penyakit yang mengikuti lainnya. Pastinya kamu jadi takut dong.

Tenang saja, sebetulnya keramas dan juga menstruasi itu tidak ada hubungannya sama sekali kok. Jadi, jika ada yang berpesan untuk tidak usah keramas maka itu adalah anggapan yang salah. Keramas adalah bagian aktivitas untuk membersihkan tubuh. Jika rambut kamu bersih dan juga wangi, tentu kamu pun akan merasa nyaman. Selain keramas, kamu juga harus merawat kebersihan lainnya misalnya dengan mandi teratur, membersihkan bagian Miss V, ganti pembalut secara rutin hingga mengganti celana dalam.

 Minuman Dingin Menjadikan Menstruasi Tidak Lancar


Siapa diantara kamu yang ketika menstruasi menghindari minuman dingin? Mungkin kamu menghindari minuman dingin lantaran kamu khawatir dengan pesan orang zaman dulu karena bisa sebabkan mens menjadi tidak lancar. Nyatanya, ini juga nggak bener lho. Kok bisa?

Ya, beberapa alasan yang menjadikan menstruasi yang kamu alami tidak lancar bukanlah minuman dingin. Jika memang menstruasi tidak lancar, maka bisa jadi alasan yang mendasarinya adalah dari segi kondisi fisik seperti kelelahan, stres, sampai adanya gangguan kesehatan lainnya.

Jika memang kamu merasa bahwa menstruasi yang kamu alami tidak lancar, maka ada baiknya kamu untuk makan makanan dengan kandungan zat besi tinggi misalnya hati ayam atau daging merah. Selain itu jangan lupa tambahkan asupan vitamin C yang banyak seperti jeruk, jambu merah, pepaya hingga tomat. Kamu juga boleh minum jamu kunyit asem sehingga badan segar dan fit.

 Minuman Bersoda Jadikan Darah Menstruasi yang Keluar Sangat Banyak


Beberapa wanita memilih untuk menghindari minuman bersoda karena khawatir jika darah yang keluar saat menstruasi menjadi sangat banyak yang mengakibatkan kebocoran. Banyak juga wanita yang menstruasi tidak lancar lalu minum banyak soda dengan harapan menstruasi bisa lancar. Padahal soda pun juga nggak ada hubungannya dengan menstruasi lho. Soda sendiri kurang sehat karena kandungan gula yang tinggi. Jadi lebih baik pilih air putih saja dalam keseharianmu.

Itulah beberapa mitos yang kerapkali dipercaya wanita. Setelah mengetahui faktanya, maka ada baiknya kamu untuk tidak percaya dengan semua mitos tersebut. Jika memang ada masalah, langsung hubungi dokter saja.

Baca Juga:

^  Review Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence
^  Belajar Jatuh Cinta Lagi Setelah Patah Hati, Meskipun Nampaknya Mustahil
^  Cara Merawat Flat Shoes Kamu Agar Tidak Bau

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Membuat Salad Berkualitas Dan Menyehatkan, Cocok Untuk Diet Lho

Sebagai pejuang diet, kamu tentu harus memperhatikan benar