Sakit kepala, ketika menyerang, bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan dan mengganggu. Walaupun hanya serangan ringan, tentunya denyut-denyut samar di belakang kepala membuat hari menjadi tidak nyaman. Sebenarnya, sakit kepala adalah cara tubuh memberitahu bahwa kamu sedang kekurangan sesuatu yang penting, misalnya kekurangan cairan, nutrisi penting atau istirahat. Jika kamu sulit menemukan obat yang cocok di pasaran, atau lebih menyukai semua yang herbal, coba 5 cara alternative ini untuk mengusir sakit kepala mengganggu jauh-jauh.

1. Minyak Daun Mint

Minyak astiri atau essential oil merupakan minyak dari ekstrak tanaman yang memiliki aroma sangat kuat sehingga mampu mempengaruhi syaraf. Dalam minyak daun mint, terdapat menthol yang bisa melancarkan peredaran darah serta menghilangkan rasa sakit. Campurkan 3 tetes minyak daun mint ditambah satu sendok makan minyak almond, lalu gunakan untuk memijat daerah kepala dan leher.

2. Rendam Kaki dan Kompres Es

Merendam kaki dengan air hangat merupakan salah satu cara untuk relaksasi tubuh. Karena saat kakimu di rendam air hangat, pembuluh darah di kaki akan tebuka sehingga darah mengalir turun dari kepala. Mengkompres dahi atau belakang leher dengan ice pack juga akan membantu proses ini. Rendam kaki selama 20 menit dengan air bersuhu sekitar 43º C. Setelah itu, bilas kaki dengan air dingin dan berbaring santai selama 15 menit.

3. Teh Jahe

Jahe sudah dikenal sebagai rempah-rempah yang bermanfaat untuk melegakan tenggorokan sakit, menghangatkan badan ketika masuk angin dan bagus untuk daya tahan tubuh. Minyak yang terkandung dalam jahe bisa mengurangi radang dan melancarkan peredaran darah. Selain itu Jahe juga bisa menstimulai pencernaan dan mengurangi mual karena migrain. Cara membuatnya juga sangat mudah, parut sekitar 4 cm jahe dan rebus dalam 250ml air selama 15 menit. Minum air rebusannya hingga pusing berkuran. Kamu bisa menambahkan gula batu jika dirasa terlalu pedas.

4. Magnesium

Mengkonsumsi magnesium direkomendasikan oleh dokter untuk mencegah migrain datang kembali. Magnesium dapat mengubah pembuluh darah di otak dan bisa meredakan rasa sakit dan radang karena sakit kepala. Jika kamu sering mengalami migrain, ada baiknya memperbanyak makanan yang mengandung magnesium, seperti yogurt, almond, bayam, kale, dan alpukat.

5. Kayu Manis

Sakit kepala karena stress merupakan hal yang sering dialami orang dewasa, bahkan 80% dari orang dewasa mengalaminya secara berkala. Kayu Manis terbukti bisa melonggarkan otot yang tegang dan memberi efek relaksasi, yang pada akhirnya bisa meringankan sakit kepala karena stress. Buat pasta kayu manis dengan mencampurkan 1 sendok makan kayu manis bubuk dengan air secukupnya. Oleskan dengan rata di dahi, lalu tutupi dengan handuk hangat. Biarkan selama 30 menit hingga meresap, lalu bilas sampai bersih.

Baca juga Sering Sakit Perut Saat Menstruasi Dan Mengganggu Tidur? Coba Ganti Posisi Tidur Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jelang Acara Makan Besar, Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Kamu Nggak Mau Dietmu Gagal

Jika rencana untuk makan malam besar menginspirasi kamu