Pacaran lagi setelah sebelumnya mengalami patah hati karena cinta yang gagal adalah hal yang sulit. Rasa trauma setelah sebelumnya mendapati hubunganmu gagal bisa membuatmu takut untuk memulai sesuatu yang baru. Percayalah, setiap luka pasti akan sembuh. Setiap orang memang punya cara berbeda-beda untuk bisa pulih dari sakitnya patah hati. Setiap orang pun butuh waktu yang berbeda-beda untuk bisa sembuh. Tetapi, jika kamu mengalami tanda-tanda berikut ini, artinya kamu tahu bahwa kamu memang telah siap memasuki hubungan dan menerima orang baru dalam hidupmu.

Kamu tak lagi marah

Salah satu cara kita menghadapi rasa duka adalah dengan meledak dan mengekspresikan kemarahan kita kepada orang yang menyebabkan luka di hati atau pada situasi itu sendiri. Bukanlah hal yang tak wajar untuk marah pada mantanmu. Tetapi, terus menerus marah bukanlah hal yang seha pula. Salah satu cara untuk bisa tahu bahwa emosi kamu telah cukup mantap untuk pacaran lagi dengan orang baru adalah ketika kamu tidak lagi merasakan amarah yang biasa hadir dalam sebuah hubungan yang berakhir dengan buruk.

Kamu tak membanding-bandingkan

Masih membanding-bandingkan cowok baru yang mendekati kamu atau ingin kamu dekati dengan mantanmu adalah sebuah tanda bahwa kamu belum benar-benar melupakannya. Ketika kamu keluar untuk berkencan dengan seseorang, apakah ia akan mengingatkanmu pada mantanmu? Apakah kamu menjadikan mantanmu tolak ukur kelayakan seseorang? Apakah kamu kencan dengan seorang cowok hanya karena ada hal padanya yang mengingatkanmu pada mantanmu? Berarti, kamu belum siap pacaran lagi.

Memang, mungkin akan ada waktu dimana kamu tak bisa lagi untuk tidak membuat perbandingan, dan ini adalah hal yang wajar. Tetapi, yang harus kamu waspadai adalah ketika kamu selalu berusaha membanding-bandingkan orang baru dengan mantanmu. Jika kamu masih melakukannya, atau jika kamu sudah berusaha berhenti tetapi tidak juga mampu, maka mungkin kamu butuh untuk melupakan masa lalumu dulu.

Kamu sudah menikmati enaknya menjomblo dan tak ingin pacaran lagi hanya karena kesepian

Tidak banyak orang yang memberikan diri mereka sendiri waktu cukup untuk menikmati kesendirian, karena mereka membiarkan rasa kesepian mereka mendorong-dorong mereka untuk segera pacaran lagi. Tetapi, dengan benar-benar berusaha menikmati indahnya tidak lekat pada orang lain bisa merupakan hal yang baik untuk membuatmu menjadi seseorang yang sehat dan mudah menyesuaikan diri. Masa jomblo adalah masa-masa kamu bisa melakukan apa pun yang kamu inginkan tanpa harus menghiraukan pacar. Ini membuatmu bisa menumbuhkan rasa merdeka, juga berfokus pada hal-hal yang kamu inginkan.

Kamu menjadi dirimu kembali

Kebanyakan orang berubah ketika memasuki hubungan baru. Kebiasaan kecil, pikiran, dan opini selalu dibagi di antara dua orang dan hal ini menyatu pada kepribadian mereka. Bahkan, setelah kamu putus, kamu mungkin masih terbawa peranmu yang dulu. Jika kamu telah kembali ke duniamu yang dulu, dengan pikiran, tingkah, dan kebiasaanmu tanpa terpengaruh oleh sang mantan, maka kamu kini telah menjadi individu merdeka yang utuh. Ini artinya hubunganmu sudah jadi salah satu hal di masa lalu. Dan kamu pun siap pacaran lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Panduan Utama untuk Kamu yang Single di Hari Valentine

Single di Hari Valentine kadang-kadang tampak seperti mimpi