Tidak semua orang suka berolahraga pagi-pagi buta sebelum berangkat kerja atau kuliah. Beberapa orang tidak memiliki ritme hidup yang dimulai pada awal pagi. Berangkat jam delapan pagi pun seringkali menimbulkan keluhan bagi beberapa orang karena tidak ada cukup waktu di pagi hari untuk menyiapkan segalanya. Maka, boro-boro mau beerolahraga, berusaha agar tidak datang terlambar walaupun harus menerjang kemacetan saja susah. Sementara itu, olahraga malam tidak pernah terpikirkan oleh mereka.

Mungkin karena kita sering mendengar bahwa olahraga harusnya dilakukan pagi-pagi. Jadi jika kamu kesultian bangun pagi, maka satu-satunya cara adalah memaksakan diri, menyetel alarm berulang kali pada volume penuh hingga terbangun. Tapi tunggu, ternyata ini bukan cara satu-satunya loh. Tak bis abangun pagi bukan berarti akhir segalanya. Kamu masih bisa berolahraga pada malam hari seusai segala aktivitasmu!

Ini terdengar seperti solusi yang sangat tepat buat kamu yang suka tidur larut malam. Berolahraga malam-malam ternyata punya banyak manfaat loh. Apa saja?

1. Tidurmu bisa jadi lebih nyenyak

Banyak studi yang menunjukkan bahwa orang-orang yang berlatih beban setelah petang memiliki kualitas serta urasi tidur yang lebih baik dibanding mereka yang melakukannya pada pagi atau siang hari. Jadi, mitos bahwa olahraga malam bisa bikin susah tidur ternyata jauh sekali dari akurat. Bukan hanya tidur nyenyak itu wajib buat pertumbuhan dan penyembuhan otot, namun tidur lebih dalam dan lama bisa membuat kamu merasa lebih baik dan utuh di pagi harinya. Kamu akan jadi lebih siap menjalani hari!

2. Hasilnya akan lebih baik

Studi bukan hanya membuktikan bahwa kamu bisa tidur lebih nyenyak kalau memindah jam latihanmu ke malam hari, Beberapa studi bahkan juga menemukan bahwa melakukan olahraga di malam hari adalah jalan untuk meningkatkan ketahanan berlatih dan meningkatkan massa otot. Apa artinya ini? Artinya, olahraga pada malam hari memberikan hasil lebih besar dari aktivitas latian yang sama yang kita kerjakan di siang hari.

3. Tekanan darahmu jadi lebih rendah

Sebuah studi Journal of Strength Conditioning Research emngungkap bahwa orang-orang yang berlatih pada malam hari mampu menurunkan tekanan darahnya hingga 15 persen lebih besar dibanding dengan mereka yang berolahraga pada pagi hari. Artinya, jika kamu ingin menjaga tekanan darahmu, berolahraga malam-malam ternyata lebih efektif, ladies.

4. Hasil olahraga malam bisa kamu rasakan lebih cepat

Sebuah penelitian ang dilakukan oleh The New England University of Birmingham mengungkap bahwa orang-orang yang berolahraga pada alam hari bisa melakukannya 20 persen lebih lama dan dengan intensitas latihan lebih tinggi ketimbang jika dilakukan pada pagi hari. Artinya, lebih banyak kalori akan terbakar dan manfaat yang bisa dirasa seperti lengan lebih kencang, kaki yang lebih kuat, dan perut yang lebih rata akan lebh cepat dirasakan. Hidupmu pun akan menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Jadi, tunggu apa lagi. Tak perlu memaksakan diri untuk bangun pagi-pagi buta jika kamu memang tidak biasa. Berolahraga pada malam hari ternyata punya lebih banyak manfaat.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perhatikan Kenaikan Berat Badanmu, Inilah Kebutuhan Kalori Saat Hamil

Banyak yang mungkin menyatakan bahwa ketika kamu hamil