Merusak Rambut

Ada banyak sekali hal yang merusak rambut. Ini adalah satu hal yang penting untuk disadari. Namun sepertinya, tak kamuy sadari bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari, yang nampaknya wajar dan biasa saja bisa membuat rambut kamu rusak.

Sesuatu mengenai kebiasaan, adalah dilakukan berulang-ulang. Seperti juga dengan kebiasaan-kebiasaan ini yang tanpa disadari berakhir dengan hal buruk, yang merusak rambut.

1. Mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut setiap hari, memang terkesan menjaga kebersihan. Padahal sebenarnya dengan mencuci rambut setiap hari ini membuat kulit kepala dan rambut menjadi jauh lebih kering. Mencuci rambut yang dilakukan setiap hari memaksa kulit kepala untuk lebih banyak mengeluarkan minyak alami kulit.

Mencuci rambut, dianjurkan hanya dilakukan selama dua hari sekali saja. Atau sekitar satu minggu tiga kali.

2. Menggunakan terlalu banyak kondisioner

Kadang, tak salah bila menggunakan produk sebanyak instruksi yang diberikan. Salah satunya untuk kondisioner. Menggunakan kondisioner terlalu banyak tak hanya menjadikan batang rambut lebih rapuh, namun juga menjadikan kulit rambut mengalami penebalan. Penggunaan kondisioner yang paling tepat adalah tidak lebih banyak dari satu kepalan tangan. Dengan jumlah ini, rambut seharusnya bisa benar-benar terlapisi sempurna tanpa membuat rambut menjadi terlalu kering.

3. Gunakan masker rambut

Jangan spelekan penggunaan masker rambut. Masker rambut bekerja untuk memberikan perlindungan lebih menyeluruh pada batang rambut. Selain itu, masker rambut pun memberi nutrisi yang tak bisa diberikan oleh produk perawatan rambut secara normal.

Masker rambut digunakan tak bisa terlalu sering pula. Maksimal, masker rambut digunakan sebanyak dua minggu satu kali.

4. Menggunakan produk yang sama bertahun-tahun

Menggunakan produk yang sama selama bertahun-tahun menjadikan rambut dan kulit kepala menjadi imun dengan bahan-baha yang terdapat di produk. Memang tak akan memberikan efek yang terlalu buruk pada keadaan rambut, namun lebih pada produk tersebut tak memberikan efek yang terlalu signifikan.

Ketika menggunakan produk, baik itu untuk rambut atau untuk kulit sebaiknya mengganti produk secara teratur selama tiga hingga enam bulan sekali.

5. Menyisir rambut ketika basah

Menyisir rambut dalam keadaan basah memiliki lebih banyak resiko mematahkan batang rambut. Selain itu, melakukan ini juga menjadikan akar rambut lebih tertarik yang menjadikan produksi minyak lebih banyak di kulit kepala. Beberapa penelitian pun menyebut menyisir rambut ketika batang dan kulit kepala basah bisa menjadi penyebab rambut rontok.

Sebaiknya memang biarkan dulu rambut hingga separuh atau benar-benar kering sebelum menyisir atau mengatur rambut.

6. Tak melindungi rambut dari panas matahari

Seperti juga pada kulit wajah, panas matahari memberikan efek yang begitu buruk pada rambut. Salah satunya menjadikan rambut lebih mudah patah, nampak lesu dan layu, serta memiliki permukaan yang kering. Sinar UV pun memiliki pengaruh untuk merusak rambut dalam jangka waktu panjang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Praktis dan Mudah Mengatasi Sunburned Lips

Pada saat ini lapisan ozon semakin menipis dan