Image result for makan buah asam

Asam adalah buah yang lezat, manis, dan asam yang memiliki berbagai kegunaan, baik untuk tujuan pengobatan maupun kuliner. Ini adalah pohon lebat berukuran sedang dengan daun cemara dan buah yang tumbuh di polong yang ditandai dengan cangkang coklat panjang. Di dalamnya ada pulp lengket, berdaging, juicy, yang merupakan buah asam. Di sinilah nutrisi dan rasa tinggal! Karena rasanya manis dan asam, orang cenderung langsung menyukainya atau memiliki sifat alami melawannya!

Ini adalah anggota keluarga Fabaceae dan nama ilmiahnya adalah Tamarindus indica. Pohon asam itu berasal dari daerah tropis Afrika, terutama di Sudan, namun budidayanya telah menyebar ke hampir semua wilayah tropis di dunia karena ini adalah sumber gizi dan rasa unik yang sangat berguna. Ini telah dibudidayakan selama ribuan tahun dan mungkin telah berhasil mencapai Asia sekitar 5.000 tahun yang lalu. Baru pada 500 tahun yang lalu, hal itu berhasil sampai ke Amerika melalui penjelajah Spanyol. Amerika Selatan dan Meksiko tetap menjadi konsumen dan produsen asam jawa terbesar di dunia.

Ini bisa dikonsumsi sebagai buah mentah, ditambah makanan penutup sekali sudah matang atau bisa dikeringkan dan digiling menjadi bumbu. Hal ini sering digunakan dalam kemacetan dan saus dan bahkan dikeringkan dan diproses menjadi permen di beberapa belahan dunia. Ini adalah ramuan normal dalam sup dan piring di seluruh Asia dan Amerika Selatan, karena manfaat kesehatan yang diberikan oleh benih kecil ini. Mari kita cari tahu lebih banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dari buah ini.

  1. Melindungi Kesehatan Jantung

Studi pada asam telah menunjukkan hal itu efektif dalam mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Kandungan serat dalam asam pasti berkaitan dengan pengurangan kolesterol, karena diketahui memiliki kelebihan kolesterol LDL dari pembuluh darah dan arteri. Kalium dalam asam jawa mungkin bertanggung jawab atas penurunan tekanan darah karena dikenal sebagai vasodilator yang mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular. Tingkat vitamin C yang mengesankan dalam asam jawa juga ada kaitannya dengan itu. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa mengurangi dampak radikal bebas, produk sampingan dari metabolisme sel yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan sejumlah kondisi kesehatan lainnya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu senyawa unik yang bisa diekstrak dari asam jawa atau diperoleh sebagai manfaat darinya bila digunakan sebagai bumbu disebut hydroxycitric acid (HCA). HCA terhubung dengan penurunan berat badan karena telah terbukti menghambat enzim dalam tubuh yang secara khusus membantu menyimpan lemak. Selanjutnya, asam telah diketahui dapat menekan nafsu makan dengan meningkatkan serotonin neurotransmitter. Penelitian masih berlangsung di daerah masing-masing, namun menunjukkan tanda-tanda yang menjanjikan sebagai suplemen penurun berat badan!

  1. Meningkatkan Fungsi Saraf

Salah satu vitamin yang paling signifikan dalam asam adalah kompleks B. Tiamin, bagian penting dari keluarga vitamin B, ditemukan dalam jumlah tinggi di dalam asam. Tiamin bertanggung jawab untuk memperbaiki fungsi syaraf, serta pengembangan otot, yang dapat membantu Anda tetap aktif, menjaga refleks, dan tetap kuat.

Baca juga Sssstt, Warna Darah Mentruasi Ternyata Bisa Jadi Petunjuk Terhadap Kesehatanmu, Loh!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jambu Biji Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh Kamu Lho

Jambu biji adalah buah manis dan lezat yang