Bau badan memang menjadi salah satu masalah yang sangat ditakuti semua orang. Apalagi wanita, karena setiap wanita selalu memperhatiukan penampilannya mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Mereka tidak mau masalah bau badan membuat penampilannya menjadi  tidak sempurna. Karena bau badan akan membuat orang yang ada disekitar kita menjadi tidak nyaman. Selain itu, masalah bau badan juga membuat kita merasa tidak percaya diri. Kamu pasti tidak mau kan hal ini terjadi pada kamu? Untuk mengatasi hal ini kamu harus menjaga kebersihan tubuh kamu. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan banyak hal, karena ternyata banyak sekali faktor penyebab bau badan yang mungkin tidak kamu sadrai. Jika kamu belum tahu, ini ada beberapa hal yang harus kamu waspadai agar tidak mengalami masalah bau badan, antara lain :

  1. Hormon

Saat menstruasi, maka kondisi hormon wanita menjadi tidak menentu, dan hal ini berpengaruh pada keringat dan kemampuan dalam mengatasi suhu tubuh. Sehingga tubuh kamu akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Untuk itu, setiap wanita apalagi yang sedang menstruasi harus menjaga kebersihan tubuh kamu. Kamu harus rutin mengganti pembalut setiap 3-4 jam dan mandi 2 kali sehari.

  1. Aktivitas Berlebihan

Aktivitas yang berlebihan ternyata dapat menjadi pemicu bau badan. Hal ini karena saat seseorang melakukan aktivitas yang berlebihan, maka akan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Sebenarnya, keringat itu tidak berbau ataupun berwarna. Bau yang dihasilkan tersebut adalah konstribusi dari bakteri yang menyerap keringat dalam tubuh. Kamu tidak mungkin kan tidak beraktivitas? Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan menggunakan deodorant sebelum beraktivitas.

  1. Faktor Medis

Bau badan ternyata juga bisa disebabkan karena faktor medis. Keringat yang munculo berlebihan bisa jadi tanda beberapa penyakit. Contohnya adalah penyakit diabetes tingkat tinggi yang akan mengalami kesulitan mengontrol gula darah. Jadi tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Jadi akan menghasilkan senyawa yang bersifat asam adalam jumlah banyak. jika kamu mempunyai keringat yang berlebih, kamu bisa berkonsultasi ke dokter.

  1. Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi ternyata juga bisa menyebabkan masalah bau badan. Makanan dan minumna yang bisa menyebabkan bau badan, antara lain daging merah, telur, hati ikan, bwang, kafein, alcohol, dan produk olahan susu. Jadi jika tidak ingin mempunyai masalah bau badan, kamu harus menghindari beberapa makanan ini.

  1. Gangguan Genetik

Ternyata ada gangguan genetic yang bisa menyebabkan bau badan tidak sedap, yaitu trimethylaminuria. Ini merupakan gangguan metabolisme yang membuat tubuh mengelurkan senyawa kimia trimethylamine. Senyawa tersebut membuat badan menjadi bau walaupun tidak berkeringat. Penyakit ini juga belum ditemukan obatnya.

Jadi kamu harus mewaspadai beberapa hal ini agar tidak mengalami masalah bau badan. Jadi kamu tetap bisa tampil dengan sempurna setiap hari.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan