Sedikit stres mungkin dapat memberi kita semangat untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Apalagi itu bisa melindungi kita. Di dunia modern, mode ‘lawan atau lari’ ini masih dapat membantu kita bertahan dalam situasi berbahaya, seperti bereaksi cepat terhadap orang yang berlari di depan mobil kita dengan menginjak rem.”

Tantangannya ketika aliran darah hanya mengalir ke otot-otot terpenting yang dibutuhkan untuk melawan atau melarikan diri, fungsi otak diminimalkan. Hal ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk ‘berpikir jernih’; keadaan yang merupakan penghalang besar baik dalam pekerjaan maupun kehidupan rumah tangga kita. Jika Anda berada dalam keadaan stres untuk waktu yang lama, itu bisa merugikan kesehatan. Berikut ini 11 tanda stress dan cara menghadapinya agar tidak mengganggu kehidupan Anda.

1. Perubahan perilaku

Salah satu tanda psikologis pertama dari stres adalah perubahan kepribadian kita. Jika Anda mendapati diri Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda berperilaku berbeda, itu bisa jadi sebagai respons terhadap situasi yang terlalu menuntut.

Stres yang berkepanjangan dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental kita. Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat mengubah dopamin ‘bahan kimia kesenangan’ di otak kita. Hal ini adalah salah satu alasan stres jangka panjang membuat kita lebih rentan terhadap penyakit mental.

Cara meredakannya: 

Jika Anda mendapati diri Anda membentak orang yang Anda cintai atau merasa sangat marah, cobalah menenangkan pikiran Anda. Latihan pernapasan, teknik mindfulness, dan meditasi telah menjadi strategi manajemen stres yang populer selama beberapa tahun terakhir, dan didukung oleh bukti klinis yang baik. 

2. Kecemasan

Salah satu tanda stres yang paling umum adalah kecemasan. Hal ini dapat menyebabkan gejala fisik – seperti jantung berdebar dan jantung berdebar – serta perasaan khawatir, takut, dan gelisah.

Cara meredakannya: 

Kecemasan, depresi, dan stres sering kali datang bersamaan. Mungkin konseling akan membantu seseorang mengelola stres dengan lebih mudah. Konseling akan membantu Anda mencari cara untuk menghilangkan stres yang tidak perlu, cara mempelajari cara positif yang sehat untuk mengatasi stres, dan pentingnya untuk tidak membiarkan stres menumpuk hingga menjadi berlebihan.

Penting juga untuk tetap berhubungan dengan teman dekat dan keluarga. Stres dapat membuat kita mudah tersinggung dan menarik diri pada saat kita sangat membutuhkan dukungan ekstra. Bahkan ketika Anda tidak menyukainya, berusaha mempertahankan kehidupan sosial Anda adalah penting. Bahkan mungkin membantu untuk berbicara dengan teman dan keluarga tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda, tetapi jika Anda tidak nyaman dengan itu, hanya bersosialisasi dengan mereka dapat membantu Anda merasa lebih positif.

3. Masalah perut

Sakit perut, pencernaan yang buruk, dan asam lambung semuanya dapat dikaitkan dengan stres. Hal ini menjadi sangat umum dalam beberapa tahun terakhir karena para ahli mempelajari lebih lanjut tentang Microbiome Gut Brain Axis (MGBA).  MGBA adalah hubungan simbiosis antara kesehatan usus kita dan otak kita dan, oleh karena itu, kesehatan mental kita. Misalnya, stres dapat memiliki efek negatif pada bakteri di usus kita, meningkatkan risiko usus bocor, yang dapat menyebabkan penyakit radang usus.

Cara meredakannya: 

Ada semakin banyak bukti bahwa bakteri hidup yang dikenal sebagai probiotik – ketika dikonsumsi baik dalam bentuk suplemen atau dengan makan makanan tertentu – dapat meredakan masalah perut dan menghilangkan tanda-tanda stres. Studi menunjukkan bahwa, dalam beberapa kasus, probiotik mempengaruhi neurotransmiter tertentu, serta kortisol (‘hormon stres’) dan serotonin (‘hormon perasaan baik’), yang dapat meringankan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Penelitian terbukti sangat menjanjikan sehingga probiotik dijuluki ‘psikobiotik’ karena manfaatnya bagi usus dan otak.

4. Tekanan darah tinggi

Salah satu tanda stres yang berpotensi lebih mengkhawatirkan adalah tekanan darah tinggi. Dikenal sebagai ‘pembunuh diam-diam’, tekanan darah tinggi (atau hipertensi) dapat menyebabkan sejumlah masalah. Jika tidak diobati, dapat meningkatkan risiko aneurisma, demensia, serangan jantung, gagal ginjal, atau stroke.

Cara meredakannya: 

Jika Anda stres, disarankan untuk memeriksakan tekanan darah Anda ke dokter umum. Anda juga dapat membeli monitor tekanan darah di rumah, meskipun selalu bijaksana untuk mendapatkan saran ahli dari profesional kesehatan. Jika pembacaan Anda sering tinggi, cari cara untuk mengurangi tekanan darah Anda. Olahraga teratur, mengurangi alkohol, kafein, garam dan merokok, dan menurunkan berat badan dapat menurunkan tekanan darah. Meditasi, perhatian dan latihan pernapasan juga sangat bermanfaat.

5. Kelupaan dan disorganisasi

Apa yang membuat Anda lebih stres ketika Anda sudah stres? Kehilangan kunci mobil Anda? Melupakan ulang tahun teman? Saat-saat ini adalah tanda umum stres dan, sekali lagi, kita harus menyalahkan kortisol.

Kortisol dapat mengganggu pembentukan dan ingatan, terutama saat tidur ketika otak kita mengkonsolidasikan ingatan, menurut penelitian. Jadi, ketika kita stres secara teratur, ini berdampak pada kemampuan kita untuk mengingat sesuatu, termasuk belajar dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan kita secara efektif. 

Cara meredakannya: 

Jika Anda mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus, kemungkinan besar jika Anda berhasil mencapai semuanya, mereka tidak akan memiliki tingkat fokus yang sama seperti jika Anda berkonsentrasi pada satu tugas pada suatu waktu. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa multitasking berdampak negatif pada kinerja kita dan bahkan mungkin IQ kita! Pelan-pelan dan lihat di mana Anda dapat menyederhanakan hidup Anda. Paling tidak, hindari menggulir ponsel Anda secara obsesif. 

Baca Juga :

Aktivitas Seru Untuk Menghilangkan Stress Low Budget. No 2 Paling Gampang

Stress Karena Payudara Kamu Kecil? No Worries.. Ini Dia Makanan Untuk Memperbesar Payudara Secara Alami

Lagi Mumet Dan Stress Berat? Mending Nge-teh Dulu, Tapi Mesti Teh Lavender Yaa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Herbal Ajaib Untuk Menambah Berat Badan Lebih Cepat

Dalam masyarakat saat ini, di mana dunia sedang