b9_tumeric

Kunyit adalah termasuk dalam tanaman rempah-rempah, yang masih satu keluarga dekat dengan jahe(rhizomatous). Keduanya dimanfaatkan rimpangnya untuk berbagai keperluan, termasuk pengobatan alami. Kunyit dalam keadaan segar utuh yang dijual dipasar, serta dalam bentuk bubuk kunyit di toko bahan makanan atau kue. Kunyit memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas, serta bau yang tajam, karena adanya zat yang disebut curcumin. Senyawa kurkumin ini adalah yang menyebabkan warna kuning oranye pada kunyit, dan yang paling diyakini paling berkhasiat bagi kesehatan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kurkumin dari kunyit juga dipercaya baik untuk digunakan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah.

Cara Penggunaan dan Manfaat Kunyit untuk kesehatan wajah dan kulit

Kunyit telah digunakan sebagai produk kecantikan selama berabad-abad . Ini adalah cara murah dan alami mengobati beberapa masalah kulit dan mendapatkan kulit mulus . Muncul dengan berbagai manfaat untuk kulit .

1 . Pengobatan Jerawat :

Kunyit juga efektif untuk mengobati jerawat, karena ia memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Dengan demikian, jerawat akan segera di hilangkan oleh kunyit, dan akan membuat kulit kembali menjadi halus dan bercahaya. Masker wajah kunyit tidak hanya akan membantu untuk membersihkan bekas jerawat dan peradangan, tetapi juga akan mengurangi sekresi minyak oleh kelenjar sebaceous. Kamu dapat membuat paket masker wajah, dengan cara  mencampur bubuk kunyit, bubuk cendana dan menambahkan jus lemon. Oleskan pada wajah selama 10 menit,  dan bilas dengan air hangat. Untuk menghilangkan bekas jerawat, oleskan campuran kunyit dan air biasa pada area tkamu bekas jerawat selama 15 menit .

2 . Kunyit sebagai Masker wajah untuk Kulit Berminyak :

Kunyit bermanfaat untuk kulit berminyak,  karena mengatur produksi sebum (zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous). Kayu cendana akan bertindak sebagai astringent, dan jus jeruk sebagai sumber vitamin C, akan membantu untuk membersihkan noda-noda pada wajah. Untuk kulit berminyak, buatlah pasta dengan mencampurkan 1 ½ sendok makan bubuk cendana,  sejumput kunyit, dan 3 sendok makan jus jeruk dan menerapkannya pada wajah. Biarkan dulu selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3 . Kunyit sebagai Masker Wajah untuk Kulit Kering :

Jika Kamu memiliki kulit kering, Kamu bisa membuat masker wajah dengan menggabungkan 1 butir telur yang diambil putihnya saja, 2 tetes minyak zaitun, jus lemon segar, air mawar dan sejumput bububk kunyit. Hal ini dapat diterapkan untuk semua bagian kulit kering, seperti wajah, leher, siku dan lutut. Biarkan hingga kering sepenuhnya, dan kemudian bilas dengan air hangat.

4 . Pengobatan Keriput :

Kunyit yang dikombinasi dengan bahan lain efektif  mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Kamu dapat mempersiapkan paket masker wajah dengan mencampur bubuk kunyit, tepung beras, susu mentah dan jus tomat . Terapkan masker pada wajah dan leher selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Hal ini akan mengurangi keriput serta mencerahkan kulit Kamu. Jika Kamu memiliki lingkaran hitam pada mata, Kamu juga dapat menambahkan sejumput bubuk kunyit untuk 2 sendok makan buttermilk. Terapkan di sekitar mata Kamu selama 20 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin. Ini adalah cara efektif untuk menghilangkan kerutan serta lingkaran hitam pada mata.

5 . Mengurangi Tkamu Penuaan :

Kunyit dapat membantu menghilangkan tkamu-tkamu penuaan, karena ia merupakan agen pengelupasan terbaik. Kamu dapat membuat pasta dengan mencampurkan tepung besan (kacang arab) dan kunyit bubuk dalam proporsi yang sama dengan air. Pasta ini juga dapat ditambahkan susu mentah atau bahkan yoghurt. Oleskan secara merata pada tubuh Kamu,  dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hangat,  dan gosok wajah Kamu dengan lembut dalam gerakan melingkar.

6 . Pengobatan Stretch Marks (garis putih pada kulit) :

Kunyit juga dapat membantu meringankan stretch mark. Untuk tujuan ini, oleskan campuran tepung besan dan kunyit dengan yoghurt / susu mentah / air pada stretch mark .

7. Mengurangi Pigmentasi dan Tanning kulit:

Untuk menghilangkan tan kulit dan pigmentasi, oleskan campuran bubuk kunyit yang dicampur dengan jus lemon atau jus mentimun pada daerah yang terkena selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Hal ini harus dilakukan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Cantik Ala Margot Robbie Yang Bisa Kamu Tiru

Jika kamu pecinta film Suicide Squade, maka kamu