Pernahkah kamu merasa hidup ini terlalu berat untuk dijalani ? Atau merasa semua yang kamu lakukan tak berguna dan percuma ? Mungkin masalah yang cukup besar membuat kamu putus asa, stres atau depresi. Jika sudah seperti ini pasti rasanya selalu tidak karuan, uring-uringan tidak jelas dan merasa sangat marah.

Hati-hati ladies, keadaan seperti ini jangan biarkan terjadi kepadamu karena stres yang terus menerus bisa menyebabkan depresi atau gangguan mental yang justru akan merusak hidupmu. Tapi tahukah kamu depresi itu tidak selalu disebabkan oleh stres atau masalah besar yang muncul saja loh, tanpa disadari dan tidak banyak orang yang tau tapi ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan depresi terjadi loh. Kebiasaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Suka Makan Makanan Cepat Saji

makanan berlemak

Makanan cepat saji atau biasa kita sebut dengan junk food dikenal sebagai makanan yang tidak sehat dan ternyata bisa menjadi penyebab utama dari terjadinya depresi karena makanan cepat saji seperti kripik dan mie instan mengandung berbagai zat kimia yang dapat merusak sel-sel baik di dalam otak. Jika sel baik sudah rusak bisa dipastikan tingkat resiko stres dan depresi akan semakin meningkat.

Mengurung Diri

Portrait of woman with stomach ache sitting on floor at home asian model

Memiliki kebiasaan mengurung diri dan anti sosial sangat tidak baik bagi psikologis seseorang dan mampu meningkatkan resiko depresi. Peneliti menyebutkan bawa jika kita tidak pernah bersosialisasi dengan orang maka resiko mengalami stres dan depresi akan semakin tinggi.

Main Medsos Berlebihan

o-smart-phone-facebook

Media sosial memang menjadi salah satu media yang menghubungkan satu orang kepada orang lain dalam jumlah besar tanpa mengenal jarak, tapi jika menggunakan media sosial secara berlebihan justru akan membuat kamu menjadi tidak bisa bersosialiasasi dengan orang disekitar. Selain itu bermain media sosial berlebihan dan membuang banyak waktu buat stalking di sosmed justru akan membuat kamu menjadi pribadi yang buruk, gagal dan kurang sukses. Jika sudah begini, kamu pasti akan rentan mengalami depresi, galau hingga menurunnya rasa percaya diri.

Selalu Berpikir Negatif

depresi

Pernahkah kamu memiliki pikiran khawatir berlebihan dan membuat kamu berpikir negatif ? Usahakan hal ini jangan sampai terjadi ya ladies, hilangkan semua pikiran negatifmu karena berpikir negatif justru akan membuat hatimu terluka, kecewa dan pikiranmu kalut serta depresi. Apapun dan bagaimanapun kondisi kamu saat ini, pastikan untuk selalu berpikir positif.

Merokok dan Minum Minuman Keras

jorok-merokok-bikin-bakteri-mulut-jutaan-kali-lipat-lebih-banyak

Seperti yang kita ketahui bahwa rokok dan minuman keras membuat seseorang menjadi ketergantungan. Sangat banyak hal buruk yang disebabkan oleh rokok dan minuman keras salah satunya adalah menyebabkan depresi. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok dan minuman keras bisa mengganggu keseimbangan kimia di dalam otak. Saat keseimbangan tersebut terganggu, jelas ini akan meningkatkan risiko stres dan depresi.

Terlalu Banyak Tidur

bersin setelah bangun tidur

Setiap orang dianjurkan untuk tidur 8 jam dalam sehari, memiliki waktu tidur yang baik sangatlah baik untuk kesehatan namun jika berlebihan atau kekurangan justru akan menjadi masalah bagi kesehatan. Contohnya terlalu banyak tidur sangat tidak baik buat kesehatan. Selain tidak baik buat kesehatan fisik, ini juga tidak baik buat kesehatan psikis. Tidur terlalu lama akan meningkatkan risiko stres dan depresi. Ini juga akan mengganggu kemampuan otak untuk berpikir lebih cerdas dan bahagia.

Baca juga Memang Kedengarannya Sangat Sepele, Tapi Coba Deh Kamu Tidur Sejam Lebih Awal!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Minyak Memasak Paling Sehat Yang Akan Menjaga Kesehatan Kamu

Sekarang ini memang banyak sekali jenis minyak goreng,